Tribun Tanggamus

Besok Ujian Nasional SD dan SMP Dilaksanakan Berbarengan

Dinas Pendidikan Tanggamus menyatakan Ujian Nasional SD dan SMP tahun ini dilaksanakan secara berbarengan.

Besok Ujian Nasional SD dan SMP Dilaksanakan Berbarengan
ANTARA FOTO/Tommy Saputra/foc/16
Siswa-siswi SMP N 1 Bandar Lampung, mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2016, Lampung, Senin (9/5/2016).

Ujian Nasional SD dan SMP Berbarengan 22 April

Laporan Reporter Tribun Lampung Tri Yulianto 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Dinas Pendidikan Tanggamus menyatakan Ujian Nasional SD dan SMP tahun ini dilaksanakan secara berbarengan.

Menurut Kabid Pendidikan Dasar Indra Prisma, jadwal berbarengan tersebut karena tibanya bulan Ramadan dan libur Idul Fitri. Karena itu jadwal UN SD dimajukan bersamaan dengan jadwal UN SMP.

"Jadi tahun ini jadwal UN SD dan SMP bersamaan, mulai Senin 22 April 2019. Untuk SD selama tiga hari, sedangkan SMP empat hari," ujar Indra.

Dinas Pendidikan Tanggamus Pastikan Soal UN SD dan SMP Tetap Pilihan Ganda

Ia mengaku total peserta UN tingkat SD sederajat mencapai 10.170 siswa, baik dari negeri dan swasta dan MI. Adapun teknis pelaksanan seluruhnya menggunakan pola ujian nasional berbasis kertas pensil (UNKP).

Mata pelajaran yang diujikan hari pertama Bahasa Indonesia, hari kedua matematika, dan hari terakhir ilmu pengetahuan alam (IPA). Seluruh SD dan MI di Tanggamus menyelenggarakan UN.

Sedangkan untuk tingkat SMP ada dua model UN, yakni menerapkan UNKP sebanyak 60 sekolah dan UN berbasis komputer sebanyak 21 sekolah. Jadwal UN SMP dimulai Senin 22 April sampai 25 April 2019, atau lebih lama sehari dari SD.

Jadwal Pengumuman UN SMP Berubah, Ini Jadwal Lengkapnya

Untuk pelaksanaan UNKP secara teknis tidak berubah. Hanya saja waktu UN setiap harinya yang berubah. Nanti UN akan dimulai pukul 10.30 WIB sampai pukul 12.30 WIB, bukan pagi lagi.

Hal ini untuk menyesuaikan jadwal dengan SMP yang gelar UNBK. Maka UNKP disamakan dengan sesi kedua pelaksanaan UNBK. Sedangkan UNBK sendiri terbagi tiga sesi waktu ujian, yakni pukul 8.00 WIB-10.00 WIB, pukul 10.30 WIB-12.30 WIB, terakhir 13.00-15.30 WIB.

Indra mengaku jumlah peserta UN SMP di Tanggamus sebanyak 9.154 siswa dari sekolah negeri dan swasta. Materi soal ujian hari pertama bahasa Indonesia, lalu bahasa Inggris, matematika dan hari terakhir IPA. (tri)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved