Tribun Metro

e-Book Dinas Perpustakaan Sediakan 2.100 Eksemplar Buku

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispurda) Kota Metro akan meluncurkan elektronik book (e-Book) untuk memudahkan masyarakat.

e-Book Dinas Perpustakaan Sediakan 2.100 Eksemplar Buku
perpustakaan ebook metro 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispurda) Kota Metro akan meluncurkan elektronik book (e-Book) untuk memudahkan masyarakat.

Kepala Dispurda Metro Syachri Ramadhan mengatakan, saat ini zaman digital, dan pemerintah harus mengikuti perkembangan tersebut. Karena itu, pihaknya mengeluarkan e-Book agar masyarakat mencari buku bacaan hanya dengan menggunakan smartphone.

"Jadi pengunjung perpustakaan bisa mengakses e-Book melalui website Dispurda Kota Metro tanpa harus datang ke perpus. Nanti juga akan dibuatkan aplikasi. Jadi bisa didownload lewat playstore," ujarnya, Minggu (21/4).

Mengapa Ada Orang Lebih Senang Baca Buku Fisik Ketimbang e-Book?

Ia menjelaskan, adapun syarat untuk mengakses e-Book, pertama pengunjung harus menjadi anggota e-Book dengan mendaftar di website Dispurda. Setelah mendaftar, akan mendapatkan nomor ID. "Nah, nomor ID ini dibawa ke sini untuk ditukar dengan kartu anggota," bebernya.

Nantinya, terus Syachri, akan ada sekitar 2.100 eksemplar buku dengan berbagai judul yang tersedia di e-Book. Dispurda juga akan berkeliling ke tempat keramaian seperti tempat wisata di Kota Metro untuk memudahkan masyarakat dalam membaca.

Tambah Koleksi Buku, Perpustakaan Daerah Dibantu Rp 210 juta

"Kita keliling, terus menggunakan motor dan mobil perpustakaan. Misal di saat car free day atau kawasan ramai lainnya. Supaya minat baca masyarakat meningkat," imbuhnya.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved