Tribun Lampung Tengah

19.800 Siswa SMP/MTs Ikut UN Serentak

Sebanyak 19.800 siswa setingkat menengah pertama dan Tsanawiyah di Lampung Tengah menjalankan ujian nasional serentak, Senin (22/4)

19.800 Siswa SMP/MTs Ikut UN Serentak
Tribunlampung/Syamsir
Kadisdikbud Lamteng Syarief Kusen 

19.800 Siswa SMP/MTs Ikut UN Serentak

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, GUNUNGSUGIH - Sebanyak 19.800 siswa setingkat menengah pertama dan Tsanawiyah di Lampung Tengah menjalankan ujian nasional serentak, Senin (22/4)

Ketua Musyarawah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Lampung Tengah, Sukisno menjelaskan, ujian tahun ini SMP/MTs ujian terbagi dua yakni ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

Menurut Suksino, total sekolah yang menyelenggarakan ujian nasional tahun ini sebanyak 182 sekolah. Jumlah itu terdiri dari dari 83 SMP negeri dan swasta, dan 99 MTs negeri dan swasta.

VIDEO UNBK di SMPN 1 Gisting Tanggamus Berjalan Lancar

"UNBK dan UNKP berjalan bersamaan hari ini (kemarin) sampai 25 April 2019. Untuk peserta ujian dari SMP laki-laki berjumlah 7.553 orang dan perempuan berjumlah 7.508 orang. Sehingga total peserta ujian SMP (negeri/swasta) sebanyak 15.061 siswa," terang Suksino.

Ia melanjutkan, untuk MTs (negeri/swasta) peserta laki-laki berjumlah 2.228 orang dan peserta perempuan berjumlah 2.451 orang, sehingga total peserta ujian dari MTs berjumlah 4.739 orang.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lamteng, Syarief Kusen mengatakan, UNKP hanya diikuti oleh SMP saja dengan jumlah sekolah peserta sebanyak 120 sekolah.

UNBK SMP dan UNKP SD, Winarti: Jangan Ada Kendala Komputer dan Listrik

"Peserta UNBK SMP terdiri dari 3.565 peserta lelaki dan 3.578 peserta perempuan. Sementara peserta MTs laki-laki berjumlah 2.228 orang dan perempuan 2.451 orang dengan total pesert sebanyak 4.739," terang Syarief Kusen.

Untuk peserta UNKP lanjutnya Syarief Kusen hanya diikuti oleh SMP negeri dan swasta dengan jumlah total peserta 7.918, terdiri atas 3.988 peserta lelaki dan 3.930 peserta perempuan dengan total 7.918 orang.

Bupati Loekman Djoyosoemarto mengimbau seluruh sekolah tidak membebankan siswa dengan apapun. Ia menegaskan, seluruh siswa harus mengikuti ujian tanpa terkecuali dan tak ada yang terhalangi.

"Jangan ada satupun siswa yang karena alasan tidak membayar administrasi sekolah lantas terhambat mengikuti ujian. Saya sudah instruksikan Kadisdikbud memberitahu itu ke seluruh sekolah," terang Bupati Loekman Djoyosoemarto.

Loekman berharap, seluruh siswa dapat mengikuti ujian sekolah dengan rajin belajar dan yang giat. Bupati juga berharap seluruh siswa dapat mengikuti ujian dan berhasil meraih nilai yang memuaskan.(sam)

Penulis: syamsiralam
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved