Pemilu 2019

Bukan Antarpartai, Bawaslu Ungkap Kerawanan Kecurangan Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Lampung, mengimbau seluruh partai politik mengawal perolehan suara masing-masing.

Bukan Antarpartai, Bawaslu Ungkap Kerawanan Kecurangan Pleno Rekapitulasi Tingkat Kecamatan
Tribunlampung.co.id/Beni Yulianto
Ketua Bawaslu Lampung Fatikatul Khoiriyah (tengah) berpose bersama Kapolres Lampung Selatan AKBP M Syarhan usai rapat pemantapan pemungutan suara ulang di Karang Anyar 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Lampung, mengimbau seluruh partai politik mengawal perolehan suara masing-masing.

Pada pleno rekapitulasi tingkat kecamatan ini, Bawaslu mengindikasikan kerawanan pergeseran suara di internal partai.

“Kami mengimbau kepada semua parpol mengawal perolehan suara masing-masing. Saat ini kerawanannya, dimungkinkan pergeseran internal partai antarcaleg, jadi semua mengawal perolehan suara agar tidak ada pergeseran,” kata ketua Bawaslu Lampung Fatikhatul Khoiriah, ditemui di kantor Bawaslu Senin (22/4/2019).

Menurut Khoir, semua parpol memiliki data C1 dari saksi di TPS. Bukan hanya parpol, caleg pun memantau perolehan suaranya.

Selain itu, dalam rekapitulasi suara tingkat kecamatan, semua pihak harus memerhatikan faktor penjumlahan, jangan sampai salah dalam menjumlahkan saat pleno.

Hal ini terjadi di kabupaten Tulangbawang.

“Panwas juga harus mencermati dengan baik, aspek penjumlahan. Kami menemukan ada yang salah misal partai A 50 jadi 100 bukan disengaja tetapi ada kesalahan saat penjumlahan. Dan juga terhadap keberatan di PPK diselesaikan, misal harus hitung ulang dan membuka C1 plano mencocokaan data saksi pengawas dan PPS,” ujarnya.

Khoir juga mewanti-wanti penyelenggara pemilu, untuk tidak mencoba mengubah suara.

Polres Tulangbawang Kawal Ketat Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat PPK

“Kami ingatkan PPK pleno sesuai dengan yang dinyatakan di TPS masing-masing. Harus betul-betul hati-hati. KPU dan jajaran melaksanakan sesuai ketentuan, peserta juga jangan menggoda penyelenggara. Karena saat ini semua memiliki C1 dan bisa memantau suara,” tandasya.

Persiapan Pemilihan Ulang

Halaman
12
Penulis: Beni Yulianto
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved