KPK: Belum Ada Perusahaan di Lampung Bayar Pajak Alat Berat

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Sebut Belum Ada Perusahaan di Lampung Bayar Pajak Alat Berat (PAB)

Tribunlampung/Noval A
Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK Sebut Belum Ada Perusahaan di Lampung Bayar Pajak Alat Berat (PAB) 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG  - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus melakukan pantauan terhadap potensi pendapatan daerah di Lampung.

Salah satu sektor yang disorot KPK adalah pendapatan daerah dari pajak alat berat (PAB).

Ketua Tim Wilayah III Korsupgah KPK Dian Patria bahkan mengatakan, belum ada satupun perusahaan di Lampung yang memiliki alat berat membayarkan pajaknya.

“Pasnya bisa ditanyakan ke pemda. Tetapi, setahu saya tidak ada satupun yang membayar (pajak alat berat),” kata Dian, Senin 22 April 2019.

Salah satu pantauan KPK dimulai pada Senin 22 April 2019 ke perusahaan yang cukup terkenal di Lampung yakni PT Gula Putih Mataram (GPM) Tulangbawang.

Unsur KPK diwakili oleh Ketua Tim Wilayah III Korsupgah KPK Dian Patria dan Desmon bersama tim dari Pemprov Lampung yang dipimpin Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lampung, E Pieterdono.

Dian mengungkapkan, perusahaan belum membayar PAB karena masih berbeda persepsi terhadap pungutan PAB itu sendiri.

Terlebih, adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 15/PUU-XV/2017, yang mengabulkan gugatan PT Tunas Jaya Pratama, PT Mappasindo, dan PT Gunung Bayan Pratamacoal perihal uji materi UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Menurut Dian, pihak perusahaan seolah berlindung dibalik putusan MK tersebut.

“Tetapi setelah pantauan kami ke PT GPM, sudah sepakat jika pajak alat berat akan dibayarkan. Tetapi, pihak perusahaan meminta ada surat penegasan dari pemerintah pusat mengenai pajak alat berat ini. Nanti Pemprov Lampung yang bersurat ke pusat,” ujar Dian.

Halaman
12
Penulis: Noval Andriansyah
Editor: taryono
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved