Video Tribun Lampung

VIDEO - Petugas SPBU Pakai Batik Saat Hari Kartini: 'Sekarang Kita Merasakan Perjuangan Kartini'

kaum perempuan umumnya menganggap Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April merupakan hari spesial. Tak terkecuali bagi petugas SPBU

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Masyarakat khususnya kaum perempuan umumnya menganggap Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April merupakan hari spesial. Tak terkecuali bagi petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Pada Hari Kartini, Minggu (21/4/2019), pramuniaga di beberapa SPBU yang mayoritas perempuan merayakannya dengan memakai baju batik.

Dwi Septiana, misalnya. Pada Minggu siang, ia sigap melayani pengendara sepeda motor yang ingin mengisi bahan bakar di SPBU 24-35131, Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Langkapura, Bandar Lampung.

Setelah bertanya kepada si pengendara, Dwi menyiapkan pesanan bahan bakar dengan memencet tombol angka pada mesin, lalu memasukkan alat penyalur bahan bakar ke tangki motor.

Dwi bertugas dengan mengenakan baju batik berpadu hijab. Ia dan rekan-rekannya memakai baju batik sesuai kebijakan pengelola SPBU dalam rangka merayakan Hari Kartini.

"Untuk menghargai Hari Kartini, kami pakai batik," katanya.

Bagi Dwi, RA Kartini merupakan pahlawan yang memperjuangkan emansipasi perempuan.

"Sekarang kita merasakan apa yang beliau perjuangkan dulu. Misalnya, peluang kerja perempuan sama terbukanya dengan laki-laki," jelasnya.

Rendie, Pengawas SPBU 24-35131 Langkapura, kebijakan memakai baju batik pada Hari Kartini bertujuan mengingat perjuangan Kartini.

"Hari ini agak beda. Kami pakai baju batik dalam rangka menyambut Hari Kartini. Untuk mengingat perjuangannya dalam membela dan memperjuangkan kaum perempuan," ujarnya.

SPBU 24-35131 merupakan pom bahan bakar yang bernaung di bawah PT Sumber Bumi Pratama. Tak hanya di SPBU ini, 13 unit SPBU lainnya yang juga di bawah PT Sumber Bumi Pratama menerapkan kebijakan serupa pada Hari Kartini.

"Semuanya ada 14 SPBU di Bandar Lampung, yang petugas-petugasnya pakai batik pada Hari Kartini ini. Selain di Langkapura, ada di Sumur Batu (Telukbetung Utara), depan MBK (Mal Boemi Kedaton), Jalan Sultan Agung, Kimaja, Antasari, Pahoman, Garuntang, Rajabasa (dekat terminal), dan lainnya," tuturnya.

Azis, konsumen bahan bakar, senang melihat perempuan petugas SPBU memakai baju batik pada Hari Kartini.

"Kalau bisa setiap Hari Kartini dan peringatan-peringatan lainnya untuk meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme," katanya. 

(Tribunlampung.co.id/Eka Ahmad Sholichin/Wahyu Iskandar)

Penulis: Wahyu Iskandar
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved