Universitas Lampung

Himbio Universitas Lampung Kembali Gelar Pekan Konservasi SDA

Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung Prof. Bujang Rahman memberikan sambutan pada pembukaan PKSDA XXIII, Senin (22/4/2019).

Himbio Universitas Lampung Kembali Gelar Pekan Konservasi SDA
Istimewa
Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung Prof. Bujang Rahman memberikan sambutan pada pembukaan PKSDA XXIII, Senin (22/4/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID BANDAR LAMPUNG - Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Lampung Prof. Bujang Rahman, membuka Pekan Konservasi Sumber Daya Alam (PKSDA) XXIII, Senin (22/4/2019). Agenda tahunan ini mengusung tema ‘Bersih Lautku, Lestari Alamku’.

Kegiatan yang digelar Himpunan Mahasiswa Biologi (Himbio) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unila ini berlangsung di pelataran parkir kampus setempat.

Prosesi pemukulan gong oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Bujang Rahman, menandakan dimulainya PKSDA XXIII, Senin (22/4/2019).
Prosesi pemukulan gong oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Bujang Rahman, menandakan dimulainya PKSDA XXIII, Senin (22/4/2019). (Istimewa)

Ketua pelaksana kegiatan Romekardo Sitopu mengatakan, acara diselenggarakan untuk mengingatkan masyarakat mengenai pentingnya menjaga, melindungi, dan melestarikan alam.

“Tema kali ini diangkat berdasarkan isu yang sedang tren sekarang di mana ekosistem laut sudah tercemar sampah plastik yang sangat sulit terurai,” ujarnya.

Tarian Sembah Batin turut mengisi acara pembukaan PKSDA XXIII UNILA, Senin (22/4/2019).
Tarian Sembah Batin turut mengisi acara pembukaan PKSDA XXIII UNILA, Senin (22/4/2019). (Istimewa)

Diharapkan melalui PKSDA XXIII dapat mengajak masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan sekitar. Minimal dengan membuang sampah pada tempatnya dan meminimalkan penggunaan plastik sekali pakai.

Acara dimulai dengan aksi lingkungan pada 20 April 2019 di Pantai Pesisir Desa Margasari, Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur.

Dilanjutkan penanaman mangrove dan bersih bersih pantai dengan susur hutan mangrove dan pengamatan burung laut.

Acara itu juga diramaikan dengan pameran dan bazaar selama seminggu di FMIPA Unila mulai 22-28 April 2019.

Selain itu berbagai perlombaan ikut menyemarakkan acara. Antara lain Desain Poster untuk umum yang telah berlangsung sejak 5 Februari hingga 21 April 2019.

Kemudian Olimpiade Biologi tingkat SMA/MA sederajat se-Lampung yang akan berlangsung 23-24 April 2019 dilanjutkan Seminar Konservasi untuk umum 25 April 2019.

Ada pula Ecoband dan Hand Lettering untuk umum pada 27 April 2019 dan Kabaret Konservasi untuk SMP dan SMA sederajat pada 28 April 2019.

Prof. Bujang Rahman menyampaikan, saat ini masyarakat tidak hanya harus memanfaatkan sumber daya alam melainkan menjaga kelestarian alamnya.

Editor: Advertorial Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved