Kapal Perang Indonesia Ditabrak Kapal Vietnam, Begini Respons TNI

Kapal Perang Indonesia Ditabrak Kapal Vietnam, Begini Respons TNI Perang Antarnegara

Kapal Perang Indonesia Ditabrak Kapal  Vietnam, Begini Respons TNI
medsos
Kapal Perang Indonesia Ditabrak Kapal Vietnam, Begini Respons TNI 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Terjadi insiden kapal pengawas perikanan Vietnam yang menabrak KRI Tjiptadi-381, Sabtu (27/4/2019).

Berdasarkan penjelasan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksmana Muda TNI Yudo Margono melalui rilis ang didapat tim Tribunnews.com pada Minggu (28/4/2019), kejadian ini terjadi di Perairan Indonesia, tepatnya di Laut Natuna Utara.

Penegakan hukum ini dilakukan terhadap Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam BD 797 yang sedang melaksanakan illegal fishing dan menangkap KIA Vietnam itu.

Namun, KIA itu tersebut dikawal oleh Kapal Pengawas Perikanan Vietnam atau Coast Guard Vietnam.

Kapal Coast Guard Vietnam berusaha menghalangi proses penegakan hukum dan kedaulatan yang dilakukan oleh KRI Tjiptadi-281 dengan memprovokasi melalui usaha mengganggu proses penegakkan hukum dan kedaulatan dengan cara menabrakkan kapalnya ke KRI Tjiptadi-381.

Kejadian dibenarkan berada di Perairan Indonesia dan ini dilihat berdasarkan lokasi penangkapan. Sehingga penangkapan yang dilakukan KRI Tjiptadi-281 sudah benar dan melalui prosedur yang sesuai.

Namun, pihak Vietnam mengklaim bahwa wilayah tersebut merupakan perairan Vietnam.

Menurut Yudo, tindakan yang dilakukan oleh KRI Tjiptadi-381 sudah benar dengan menahan diri, untuk meminimalisir adanya ketegangan atau insiden yang lebih buruk antara kedua negara.

Insiden ini akan diselesaikan melalui Goverment to Goverment (G to G).

Akibat dari provokasi kapal dinas Perikanan Vietnam (KN 264 dan KN 231) yang menabrak lambung kiri KRI Tjiptadi-381 dan telang mengadang serta menabrak lambung kiri buritan KIA B 979 yang sedang ditunda oleh KRI Tjiptadi-281 sehingga terjadi kebocoran dan tenggelam.

ABK Kapal Ikan Vietnam yang berjumlah 12 orang berhasil diamankan ke atas KRI Tjiptadi-381, namun 2 ABK yang berada di atas kapal ikan tersebut berhasil melompat ke laut dan ditolong Kapal Pengawas Perikanan Vietnam.

Selanjutnya ke-12 ABK Kapal Vietnam dibawa dan akan diserahkan ke Lanal Ranai guna proses hukum selanjutnya.

Halaman
1234
Editor: taryono
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved