Tribun Tulangbawang

Bimtek Apdesi Tuba Ajari Perangkat Desa Kelola Keuangan

Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Tulangbawang menggelar pelatihan dan bimbingan teknis (Bimtek)

Bimtek Apdesi Tuba Ajari Perangkat Desa Kelola Keuangan
Istimewa
(Apdesi) Kabupaten Tulangbawang menggelar pelatihan dan bimbingan teknis (Bimtek) penerapan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan Sistem Pengelolaan Aset Desa (Sipades) di Hotel Novotel, 30 April-2Mei 2019 

Bimtek Apdesi Tuba Ajari Perangkat Desa Kelola Keuangan

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Tulangbawang menggelar pelatihan dan bimbingan teknis (Bimtek) penerapan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan Sistem Pengelolaan Aset Desa (Sipades).

Bimtek yang berlangsung selama tiga hari, sejak Selasa 30 April hingga Kamis 2 Mei di Hotel Novotel Bandar Lampung itu diikuti seluruh perangkat kampung di Tulangbawang. Kegiatan ini setidaknya akan banyak memberikan kemudahan untuk penerapan aplikasi.

150 Penyuluh Pertanian se-Lampung Ikuti Bimtek Swasembada Kedelai

Mulai dari tahap pengelolaan, pencatatan, sampai tahap pelaporan keuangan desa sehingga pertanggungjawaban dana desa yang menjadi bagian tidak terpisahkan dengan laporan keuangan kabupaten dapat dilaporkan dengan tepat waktu.

Setiap kampung mengutus empat orang untuk mengikuti Bimtek tersebut. Asisten I Bidang Pemerintahan dan Sosial Pemkab Tuba Akhmad Suharyo, mewakili Bupati Winarti mengatakan, Pemkab Tulangbawang akan terus mendorong peningkatan kapasitas kepala kampung dan perangkat kampung lainnya, khususnya dalam pembinaan pengelolaan keuangan di kampung.

"Ini merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2015 dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif," kata Suharyo.

340 Peserta Ikut Bimtek PKH Tahun 2016

Pelatihan siskeudes dan sipades bertujuan agar para pengelola keuangan juga pengelola aset desa bersama dinas terkait dapat bekerja dan bersinergi berdasarkan ketentuan yang berlaku.

"Pelatihan ini juga sebagai salah satu upaya kita untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi sumber daya manusia yang ada di pemerintah kampung dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan kampung yang baik di setiap kampung yang ada di Kabupaten Tulangbawang," terangnya.

Pelatihan ini berlangsung dengan pembagian dua kelas. Kelas khusus Bimtek Siskeudes dan kelas khusus Bimtek Sipades. Diharapkan para peserta bimbingan teknis ini mengerti tentang Aplikasi Sistem Keuangan Desa yang dikembangkan bersama antara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Kepala Kampung Bumi Dipasena Jaya Nafian Faiz berharap kegiatan ini untuk menambah pengetahuan dan kemampuan aparat pengelola keuangan dalam rangka mewujudkan pelaksanaan good and clean governance, khususnya di pemerintah kampung.

"Tentu sasarannya adalah agar setiap kampung bisa menerapkan aplikasi yang nanti diberikan," imbuhnya.

Nafian juga mengatakan, Bimtek ini penting sebagai upaya agar kepala kampung dan perangkatnya mahami dan menguasi ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Bukan saja bisa meningkatkan kualitas layanan terhadap masyarakat serta memaksimalkan potensi untuk membangun kampung.

"Bimtek ini juga penting untuk memberi pengetahuan agar terhindar dari prilaku seperti korupsi, gratifikasi dan dan pungli," tandas Nafian. (end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved