Video Tribun Lampung

VIDEO Penegak Hukum Pringsewu Komitmen Tangani ABH Secara Terintegrasi

Bupati Pringsewu Sujadi membuka Seminar dan Lokakarya "Forum Bersama Integrated Criminal Justice System For Child" di aula gedung Pemkab Pringsewu,

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Bupati Pringsewu Sujadi membuka Seminar dan Lokakarya "Forum Bersama Integrated Criminal Justice System For Child" di aula gedung Pemkab Pringsewu, Kamis, 2 Mei 2019.

Kegiatan ini diselenggarakan bagi aparat penegak hukum dan steakholder di Bumi Jejama Secancanan. 

Sujadi mengatakan, dengan diselenggarakannya lokakarya menjadi komitmen untuk mewujudkan Kabupaten  Pringsewu sebagai kabupaten layak anak. 

Sujadi mengatakan, istilah bullying muncul beberapa tahun lalu.

Namun, perbuatan perundungan sudah ada sejak dari dulu. 

Sujadi berharap dengan adanya kegiatan ini bermakna besar atau berakibat baik. 

Dalam lokakarya dan seminar tersebut, juga dilaksanakan pernyataan bersama pemkab dan lembaga penegak hukum, yakni Polri, kejaksaan, pengadilan, dan bapas.

Pernyataan tersebut sebagai komitmen bersama untuk mewujudkan forum koordinasi dalam rangka memberikan perlindungan kepada anak serta penanganan kasus pidana anak sesuai dengan UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Tanjungkarang Dr Diah Sulastri Dewi SH MH yang hadir sebagai narasumber berharap komitmen tersebut dapat ditindaklanjuti dengan program-program jangka panjang maupun jangka pendek.

Dia mengatakan, pemerintah dalam hal penanganan perkara pidana telah mengeluarkan MoU pada 2017 berkaitan sistem peradilan terpadu berbasis IT. 

MoU itu diteken MK, Kapolri, Kejagung, Kemenkumham dan Polhukam.

Sebenarnya sistem peradilan terpadu sudah ada payung hukumnya.

"Tadi ada komitmen luar biasa. Sistem peradilan terpadu yang menunjukkan proses keterkaitan antara instansi pihak yang berwenang dalam proses peradilan," ujarnya.

Diah mengapresiasi pemkab dan aparat penegak hukum di Bumi Jejama Secancanan yang telah komitmen membentuk forum koordinasi dalam rangka memberikan perlindungan kepada anak berperkara hukum. 

(Tribunlampung.co.id/Robertus Didik Budiawan/Wahyu Iskandar)

Penulis: Wahyu Iskandar
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved