Tribun Lampung Utara

438 Calhaj Lampura Lunasi BPIH Tahap Pertama

Sebanyak 438 calon jemaah haji asal Lampung Utara telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap pertama.

438 Calhaj Lampura Lunasi BPIH Tahap Pertama
tribunlampung.co.id/anung bayuardi
Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Lampung Utara Herman Ali. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Sebanyak 438 calon jemaah haji asal Lampung Utara telah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap pertama.

Kasi Penyelenggaran Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Utara Herman Ali menuturkan, dari total 493 calhaj, tercatat 438 calhaj telah melunasi BPIH yang dijadwalkan pada 29 Maret-15 April 2019.

Sementara, 55 calhaj sisanya dimungkinkan menunda pemberangkatan ke Tanah Suci dengan berbagai pertimbangan.

"Ada yang menunda keberangkatan karena sakit, ada yang berhalangan," ujar dia, Minggu, 5 Mei 2019.  

Sementara pelunasan BPIH tahap kedua dijadwalkan pada 30 April-20 Mei 2019.

"Pelunasan tahap kedua diprioritaskan untuk lansia, penggabungan, dan bagi yang sudah berstatus haji. Terkait jumlah kuota pada pelunasan BPIH tahap kedua ini tergantung usulan dari calhaj yang disampaikan ke Kemenag Pusat," kata dia.

BPIH 2019 telah diputuskan melalui Keppres Nomor 08 Tahun 2019, yakni sebesar Rp 34.987.280.

Jumlah tersebut dapat dibayar dalam dua tahapan.

Lampung Dapat Tambahan 141 Kuota untuk Calhaj Lansia

Tak Lunasi BPIH, 28 Calhaj Tulangbawang Batal Berangkat Tahun Ini

”Ada dua tahapan pelunasan. Pertama untuk mereka yang berhak lunas dan masuk dalam estimasi pelunasan keberangkatan tahun 2019. Kedua, diperuntukkan khusus bagi calhaj penggabungan. Dalam hal ini suami istri, anak, dan orangtua,” ujarnya.

Selain calhaj penggabungan, lanjut Herman Ali, calhaj usia lanjut yang namanya keluar untuk keberangkatan 2019 atau calhaj yang sudah berstatus haji juga melunasi BPIH pada tahap kedua.

”Jadi calhaj usia lanjut atau yang sudah berstatus haji dan namanya keluar untuk diberangkatkan tahun ini, juga melunasi pada tahap kedua,” jelas dia

Calhaj yang hendak melunasi BPIH diwajibkan membawa bukti penyetoran awal BPIH, buku tabungan, dan sisa uang pelunasan BPIH.

”Bila tidak melunasi BPIH hingga batas waktu yang ditentukan, maka akan dianggap mengundurkan diri dan akan digantikan nomor urut yang ada di bawahnya. Namun, kita terus lakukan upaya agar bisa dilakukan pelunasan,” kata Herman.

Total calhaj asal Lampura yang akan berangkat tahun 2019 berjumlah 511 orang yang terbagi menjadi dua kelompok terbang (kloter).

“Saya berharap kepada para calhaj untuk selalu menjaga kesehatan serta tidak terlalu bergantung pada orang lain saat pelaksanaan ibadah haji nanti,” pungkasnya. (Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved