Tribun Metro

Tahun Ini Pemkot Diminta Tuntaskan Masalah BAB Sembarangan

DPRD Kota Metro meminta wali kota menuntaskan rumah tidak layak huni dan permasalahan MCK,

Tahun Ini Pemkot Diminta Tuntaskan Masalah BAB Sembarangan
ILUSTRASI - Utusan Kedutaan Belanda melihat hasil pembuatan jamban sehat oleh masyarakat Pringsewu. 

Tahun Ini Pemkot Diminta Tuntaskan Masalah BAB Sembarangan

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - DPRD Kota Metro meminta wali kota menuntaskan rumah tidak layak huni dan permasalahan MCK, agar tidak ada lagi warga yang mengunakan jamban.

Ketua Komisi I Basuki mengatakan, tahun 2019 dipastikan tidak lagi ditemukan masyarakat yang masih mengunakan WC tak layak. Dewan mendukung program pengentasan Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

5 Desa di Lampung Utara Dapat Sertifikat ODF pada April 2019

"Kita mendorong agar Metro menjadi yang Open Defecation Free (ODF) atau terbebas dari perilaku BABS. Dari tahun lalu sudah kita minta agar tahun ini itu terwujud. Sebagai Kota Pendidikan harus mampu mengubah prilaku masyarakat untuk hidup lebih sehat," imbuhnya, Senin (6/5).

Sementara Sekretaris Komisi II Yulianto menjelaskan, sudah semestinya di kota pendidikan sudah tidak ada lagi warga yang masih mengunakan WC tidak sehat, termasuk juga rumah tak layak huni.

Kedubes Belanda Apresiasi Pencapaian ODF Pringsewu

Wali Kota Achmad Pairin sebelumnya menuturkan, untuk mengatasi permasalahan rumah tak layak telah dilakukan koordinasi dan upaya secara lintas sektor. Di antaranya melalui program bedah rumah yang dilaksanakan Dinas Sosial dan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman.

Sementara untuk jamban keluarga yang tidak layak sehat sudah ditangani melalui dana kelurahan. Begitu juga penyuluhan dan advokasi mengenai pentingnya sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) yang terus menerus dilakukan.

Pemerintah Kota Metro sendiri telah bertekad ODF dengan predikat 100 persen rumah tangga memiliki fasilitas jamban sehat. Dimana dua kecamatan, Metro Barat dan Metro Pusat telah deklarasi STBM.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved