VIDEO Korlantas Mabes Polri Cek Kesiapan Tol Lampung Bakauheni untuk Arus Mudik Lebaran

Arus mudik lebaran 2019 ini secara nasional diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga 30 persen. Konsentrasi pemudik masih akan ada di pulau Jawa

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA -  Arus mudik lebaran 2019 ini secara nasional diperkirakan akan mengalami peningkatan hingga 30 persen. Konsentrasi pemudik masih akan ada di pulau Jawa. Konsentrasi arus pemudik 60 persen akan ada di pulau Jawa.

Untuk arus pemudik asal pulaun Jawa yang alam menyeberang ke Sumatera diperkirakan akan mengalami peningkatan 5 -10 persen.

Untuk konsentrasi pemudik yang menggunakan kendaraan akan melintasi tol Sumatera yang pada mudik lebaran tahun ini sudah akan dibuka hingga Kayu Agung, Pelembang.

Untuk Mengetahui kesiapan jalur tol Bakauheni - Palembang ini, Kepala Korlantas Mabes Polri Irjen Pol Fedri Andri bersama tim melakuka. pengecekan akses jalur mudik yang melalui tol Sumatera pada Jumat (10/5).

Tim menggunakan jalur penyeberangan Bakauheni dari Pelabuhan Merak.

Di Bakauheni mendengarkan paparan dari Dirlantas Polda Lampung Kinda Kemas Ahmad Yamin, Kapolres Lampunh Selatan AKBP M. Syarhan dan GM PT. ASDP Hasan Lessy.

Mapolres Lampung Selatan AKBP M. Syarhan mengatakan untuk Bakauheni konsentrasi lebih pada saat arus balik lebaran.

Sedangkan pada saat mudik lebaran pemudik asal pulau Jawa yang menggunakan kendaraan cendrung akan langsung melanjutkan perjalanannya.

Karenanya, terang AKBP M. Syarhan, konsentrasi pelayanan akan lebih terfokus pada arus balik. Dan Polres Lampung Selatan telah menyiapkan beberapa sekenario untuk mengantisipasi terjadinya kacetan pada jalur menuju pelabuhan Bakauheni.

"Kita sudah menyiapkan kanalisasi untuk jalur sepeda motor sejak dari depan SPBU pasar Bakauheni. Kita juga menyiapkan akses pintu keluar bila kondisi pintu tol Bakauheni mengalami kemacetan," kata dia.

Sementara Dirlantas Polda Lampung Kombes Pol. Kemas Ahmad Yamin menjelaskan tentang kesiapan jalur tol sumatera sejak Bakauheni hingga Pematang Panggang. Menurut dirinya panjang tol Sumatera sejak dari Bakauheni hingga Kayu Agung Palembang mencapai 253 kilometer.

Kondisi jalan tol yang telah beroperasi sepanjang 141 kilometer sejak Bakauheni - Kota Baru. Sedangkan untuk tol Terbanggi Besar hingga Simpang Pematang di sungai Sodobg kondisinya fungsional siap untuk digunakan pada saat mudik lebaran nantinya.

"Untuk ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sudah diresmikan dan beroperasi. Sedangkan untuk ruas Terbanggi Besar sa.pai Simpang Pematang kondisi masih fungsional. Tetapi siap digunakan saat mudik lebaran nanti," kata Kombes Kemas Ahmad Yamin.

(Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo/Wahyu Iskandar)

Penulis: Wahyu Iskandar
Editor: Heribertus Sulis
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved