Tribun Lampung Tengah

Simpang Terbanggi Berpotensi Macet, Polisi Siaga selama Arus Mudik Lebaran

Polres Lampung Tengah menyebut Simpang Terbanggi dan pintu keluar Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Terbanggi Besar

Simpang Terbanggi Berpotensi Macet, Polisi Siaga selama Arus Mudik Lebaran
Tribunlampung.co.id/Syamsir Alam
Kepadatan kendaraan di ruas Jalinteng Yukum Jaya dari arah Bandarjaya menuju Terbanggi Besar, Lampung Tengah, Minggu 7 April 2019. Kondisi itu imbas dari kemacetan di dalam tol Lampung. 

Simpang Terbanggi Berpotensi Macet, Polisi Siaga selama Arus Mudik Lebaran 

Laporan Reporter Tribun Lampung Syamsir Alam 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, GUNUNG SUGIH, TRIBUN - Polres Lampung Tengah menyebut Simpang Terbanggi dan pintu keluar Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Terbanggi Besar, merupakan titik yang mempunyai potensi kemacetan pada arus mudik Lebaran mendatang.

Kondisi itu karena Simpang Terbanggi merupakan pusat pertemuan antara Lintas Pantai Timur (Linpantim) dan Lintas Tengah (Linteng) Sumatera. Selain itu, ruas jalan menuju dan keluar pintu Tol Terbanggi Besar dianggap terlalu sempit.

Polisi Diminta Basmi Pungli di Simpang Terbanggi

Kepala Polres (Kapolres) Lamteng Ajun Komisaris Besar I Made Rasma, Rabu (15/5) mengatakan, pihaknya akan menargetkan fokus perhatian dan perbaikan ruas di Terbanggi Besar selesai pada H-10 Idul Fitri mendatang.

"Kita sudah melakukan koordinasi dengan seluruh instansi terkait kesiapan arus mudik dan balik Lebaran. Fokus kita di Terbanggi Besar, jalur yang sempit (pintu Tol Terbanggi Besar) sudah mulai dikerjakan pelebaran di kanan dan kirinya mulai hari ini (kemarin)," ujar AKBP I Made Rasma.

Jika nantinya masih terjadi kemacetan lanjut mantan Kapolres Tanggamus itu, pihaknya melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) juga sudah menyiapkan skema lain.

"Kalau terjadi kemacetan di Simpang Terbanggi, kita sudah siapkan skema pengalihan arus lalu lintas. Bisa saja kendaraan dialihkan melalui ruas Lingkar Barat (Linbar) Gunung Sugih-Terbanggi Besar," bebernya.

Tak hanya itu, pihakya juga telah berkoordinasi dengan Bina Marga untuk perbaikan atau penambalan ruas jalan yang rusak. Sehingga, ketika masa mudik dan arus balik lebaran sudah dimulai maka pengendara tidak tergangu dengan ruas jalan yang rusak atau berlubang.

Polisi Diminta Tindak Pemalak di Simpang Terbanggi

Sementara Kepala Satlantas Polres Lamteng Ajun Komisaris Padil A Rohim mengimbau kepada pengendara roda dua dan empat supaya mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Pihaknya banyak mendapati pengendara yang mengabaikan perlengkapan berkendara.

"Pengendara sepeda motor masih banyak yang tidak memakai helm dan motor tidak dilengkapi spion. Sementara pengendara mobil masih banyak yang tidak mengenakan sabuk keamanan (safety belt). Bagi mereka yang melanggar kita berikan sanksi tilang," ujar Padil A Rohim.

Ia menjelaskan, Satlantas akan selalu melakukan melakukan patroli rutin di sepanjang wilayah hukum Polres Lamteng, mulai dari ruas Kecamatan Bumi Ratunuban hingga Terbanggi Besar, atau di sepanjang Jalinpantim Sumatera.

Pengamatan Tribun di sejumlah ruas Jalinteng, titik ruas jalan yang rusak berlubang masih terlihat mulai dari Bumi Ratunuban, Gunung Sugih hingga Terbanggi Besar. Meski kerusakan tidak parah, namun jika pengendara lengah bisa sangat membahayakan.

Di ruas Gunung Sugih misalnya. Terdapat sejumlah titik badan jalan yang berlubang, seperti di dekat Simpang Gunung Sugih Taman Pepadun. Jalan berlubang juga tampak ada di Jembatan Sungai Way Seputih Gunung Sugih.

Sementara di kawasan Bandar Jaya, bekas perbaikan jalan masih menjadi pekerjaan rumah bagi dinas terkait, karena mengakibatkan jalan bergelombang. Lubang di badan jalan juga berada di depan Mapolsek Terbagi Besar. (sam)

Penulis: syamsiralam
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved