Tribun Bandar Lampung

KPK Sorot Masalah Pajak dan Aset di Lampung

Tim Koordinator Wilayah III Komisi Pemberantasan Korupsi menyebut ada dua persoalan krusial di Lampung. Keduanya adalah masalah pajak dan aset.

KPK Sorot Masalah Pajak dan Aset di Lampung
Tribunlampung.co.id/Hanif Mustafa
Ketua Korwil III KPK Brigjen Setyo Budi memberi keterangan kepada awak media di sela-sela supervisi di Bandar Lampung, Kamis (16/5/2019). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Tim Koordinator Wilayah III Komisi Pemberantasan Korupsi menyebut ada dua persoalan krusial di Lampung. Keduanya adalah masalah pajak dan aset.

Ketua Korwil III KPK Brigadir Jenderal Setyo Budi mengungkapkan satu di antara berbagai cara mengoptimalkan pendapatan daerah di Lampung pada prinsipnya adalah melalui pajak. Namun, pihaknya justru menduga banyak perusahaan di Lampung tidak taat pajak.

"Kami mensinyalir banyak perusahan yang ada di wilayah Lampung ini ternyata pajak daerahnya belum selesai," kata Setyo di sela-sela kunjungan ke Polda Lampung dan Kejaksaan Tinggi Lampung dalam rangka koordinasi dan supervisi, Kamis (16/5/2019).

Setyo juga menyebut aset di Lampung menjadi masalah. Ada perorangan, yayasan, atau kelompok tertentu menguasai aset yang seharusnya milik pemerintah daerah.

"Aset itu seharusnya milik pemerintah daerah, tapi kemudian yang menguasai adalah seseorang, yayasan, atau mungkin kelompok tertentu," ujarnya.

Karena itulah pihaknya ingin bekerja sama dengan Polda dan Kejati Lampung. Tujuannya mengembalikan aset-aset serta pajak-pajak ke pemda di Lampung.

"Kami berusaha bekerja sama dengan kejati, dengan polda, wajib pajak ini taat terhadap kewajibannya," kata Brigejen Setyo Budi.

Setyo menjelaskan kunjungan ke Polda dan Kejati Lampung ini pun tidak lain untuk supervisi.

"Pimpinan KPK telah membentuk korwil. Ada sembilan wilayah yang menjadi tanggung jawab kami (Tim Korwil III)," ujarnya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Lampung Ajun Komisaris Besar Zahwani Pandra Arsyad menerangkan kunjungan Tim Korwil III KPK dalam rangka menguatkan sinergitas kerja sama antara penyidik KPK dengan penyidik Polda Lampung.

Halaman
12
Penulis: hanif mustafa
Editor: yoso
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved