Tribun Metro

Pairin Jamin Harga Bawang Putih dan Merah di Metro Turun Hingga Lebaran

Wali Kota Metro Achmad Pairin menjamin harga bawang merah dan putih akan menurun di Bumi Sai Wawai hingga Hari Raya Idul Fitri.

Pairin Jamin Harga Bawang Putih dan Merah di Metro Turun Hingga Lebaran
Kompas.com
Ilustrasi. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Wali Kota Metro Achmad Pairin menjamin harga bawang merah dan putih akan menurun di Bumi Sai Wawai hingga Hari Raya Idul Fitri.

Ia menjelasjan, harga bawang putih memang sempat meroket hingga Rp 60.000 per kilogram (kg). Namun kini harga telah mengalami penurunan di tingkat grosir mencapai Rp 23.000 per kg.

"Kita memastikan semua ketersediaan bahan pangan cukup dan harga stabil. Kami yakin karena kestabilan harga bawang menjelang hari raya itu diperkuat dari pernyataan pengusaha komoditi bawang di Metro," ujarnya, Jumat (17/5).

Bahkan, terus Pairin, saat ini harga bawang sudah turun. Ia juga meyakini jika harga tersebut akan tetap stabil atau tidak akan berubah secara signifikan hingga menjelang hari raya Idul Fitri.

Dijelaskannya, kenaikan harga beberapa waktu lalu disebabkan karena terjadi keterlambatan pengiriman. Sedangkan stok baik grosir maupun pengecer putarannya habis dalam waktu satu atau dua hari. Sehingga berimbas kenaikan harga.

Ia menambahkan, pemerintah talah melakukan kunjungan ke beberapa distributor, gudang, dan agen komoditi strategis di Kota Metro. Dimana ketersediaan dan harga kebutuhan pangan strategis menjelang lebaran dipastikan aman.

"Jadi, dari monitoring ketersediaan atau stok barang kemarin, terutama barang-barang yang dibutuhkan masyarakat pada puasa dan menjelang lebaran itu aman. Kita bertemu pemiliknya untuk melihat stok. Jangan sampai gudang ada di Kota metro, namun barang tidak ada," imbuhnya.

Adapun distributor dan gudang yang telah dikunjungi adalah blantik sapi Hadimulyo Timur, Pemotongan Ayam Purwoasri, Gudang beras Karangrejo, Agen telur Iringmulyo, Gedung Bawang Lanang Tejo Agung, Gudang sembako Ganjar Asri, dan Gudang Susu Ganjar Agung.

(Tribunlampung.co.id/Indra Simanjuntak)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved