Tribun Bandar Lampung

Pelaksanaan Pesantren Kilat di Bandar Lampung, Siswa Diharapkan Makin Paham Agama

inas Pendidikan Bandar Lampung menginstruksikan kepala sekolah di jenjang pendidikan dasar maupun menengah pertama untuk menggelar pesantren kilat

Pelaksanaan Pesantren Kilat di Bandar Lampung, Siswa Diharapkan Makin Paham Agama
ISTIMEWA
Pelaksanaan pesantren kilat di SMA Muhammadiyah Bandar Lampung pada pekan ini. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Sulis Setia Markhamah 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Dinas Pendidikan Bandar Lampung menginstruksikan kepala sekolah di jenjang pendidikan dasar maupun menengah pertama untuk menggelar pesantren kilat (sanlat) di sekolah dalam mengisi bulan Ramadan tahun 2019.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Bandar Lampung Eka Afriana Novel mengatakan, pihaknya mengimbau masing-masing sekolah untuk menggelar sanlat yang waktunya disesuaikan dengan jadwal di sekolah masing-masing.

Hj. Winarti Mengunjungi Pondok Pesantren Ponpes Nahdhatul Tholibin

"Sanlat ada yang digelar dua hari hingga tiga hari. Intinya tergantung masing-masing sekolah dalam menindaklanjutinya, terlebih puasa ini juga bertemu dengan jadwal semesteran," jelas Eka melalui sambungan telepon, Sabtu (18/5) siang.

Menurutnya, pelaksanaan pesantren kilat tidak harus sampai menginap di sekolah. Namun yang terpenting, pesan apa yang hendak disampaikan di sanlat bisa tersampaikan dan dapat diterima dengan baik oleh siswa.

"Pesantren kilat bisa dilakukan dari pagi sampai pukul 4 sore. Harapannya melalui sanlat mudah-mudahan anak-anak sikap dan perilakunya bisa lebih baik," ujar Eka.

Pada saat selesai Idul Fitri pun, dia berharap ada banyak hal positif yang masih terus dibawa oleh para siswa dari telah dilakukannya pesantren kilat di sekolah masing-masing ini.

Kabid Pembinaan SMA Disdikbud Lampung Diona Katharina menambahkan, kegiatan pesantren kilat memang menjadi agenda tahunan di setiap sekolah saat momen Ramadan.

"Durasi lama sanlat itu mulai dari dua hingga tiga hari dan semua kebijakannya tergantung dari pimpinan sekolah masing-masing," jelas Diona.

Ribuan Warga Padati Kawasan Pondok Pesantren Darussalamah Demi Lihat Langsung Jokowi

Namun yang pasti, terusnya, tidak ada yang sampai menginap di sekolah. Tujuan sanlat selain merupakan upaya peningkatan pemahaman ilmu keagamaan, juga untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan. Serta merupakan salah satu pendidikan guna penguatan karakter siswa.

Halaman
123
Penulis: sulis setia markhamah
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved