Public Service

Iringan Klub Motor Halangi Laju Kendaraan Lain

Saya saat asyik menyetir tiba-tiba dikagetkan dengan iring-iringan rombongan salah satu klub motor yang datang dari belakang.

Iringan Klub Motor Halangi Laju Kendaraan Lain
Net
Ilustrasi klub motor 

Klub Motor Halangi Laju Kendaraan Lain

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Yth Pengamat Hukum. Saya saat asyik menyetir tiba-tiba dikagetkan dengan iring-iringan rombongan salah satu klub motor yang datang dari belakang.

Salah satu motor dari rombongan itu kemudian dengan isyarat lampu lalin dan pengendara motornya menyerongkan kaki kirinya seolah olah menghalangi laju mobil saya memberi perintah untuk memberi jalan rombongan motor tersebut.

Ingin Laporkan Eks Suami karena Diduga Menganiaya

Sementara pada satu sisi saya ingin buru-buru ke tujuan karena keperluan mendesak. Apakah tindakan tersebut dibenarkan? Bukankah setiap pengguna jalan punya hak selama itu mematuhi aturan lalu lintas?

Terima kasih atas jawabannya.

Pengirim +6285270218xxx

Dianggap Langgar UU Lantas

Berkendara di jalanan tidak diperbolehkan dengan ugal-ugalan, terlebih mengancam keselamatan pengendara lain atau pengguna jalan lain.

Kejadian seperti konvoi kelompok kendaraan bermotor sering kita temui di jalan raya, biasanya mayoritas pengendara tidak mengindahkan rambu-rambu lalu lintas dan tidak sedikit yang berlaku kasar terhadap pengguna jalan lainnya.

Apa Faktor yang Menghambat Pembebasan Bersyarat Narapidana

Upaya untuk menghalangi kendaraan lain yang dilakukan kelompok bermotor dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas dan dapat saja menimbulkan korban di jalan raya.

Dalam menghadapi kejadian sepeti di atas, sebagai pihak yang dipaksa berhenti dengan cara menghalangi pengendara lain dengan kaki, hal ini merupakan fakta yang tidak layak untuk ditiru.

Setiap pengendara harus mengutamakan keselamatan dirinya dan pengguna jalan lainnya, hal ini sesuai dengan amanah Pasal 105 huruf (a) dan huruf b Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengenai Ketertiban dan Keselamatan.

Di mana setiap orang yang menggunakan Jalan wajib berperilaku tertib; dan/atau mencegah hal-hal yang dapat merintangi, membahayakan keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, atau yang dapat menimbulkan kerusakan Jalan.

Gindha Ansori Wayka, SH MH
Akademisi-Praktisi Hukum di Bandar Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved