Tribun Bandar Lampung

8 Pelaku Pembalakan Liar di Hutan Register 28 Tanggamus Diganjar Hukuman Penjara

8 Pelaku Pembalakan Liar di Hutan Register 28 Tanggamus Diganjar Hukuman Penjara

8 Pelaku Pembalakan Liar di Hutan Register 28 Tanggamus Diganjar Hukuman Penjara
Tribunlampung.co.id/Hanif
Pelaku Pembalakan Liar di Hutan Register 28 Tanggamus 

Laporan Reporter Tribun Lampung Hanif Mustafa

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Terbukti lakukan pembalakan liar di hutan lindung Register 28 Kabupaten Tanggamus, dua terdakwa diganjar hukuman penjara selama tiga tahun penjara.

Sementara enam lainnya diganjar hukuman selama dua tahun penjara.

Dua terdakwa yang diganjar tiga tahun yakni Hasan yang bertugas sebagai pembalak dan Paturahman bertugas sebagai pengawas.

Enam terdakwa lainnya yang diganjar dua tahun yakni Tunadi yang bertugas sebagai sopir pengangkut hasil pembalakan, kemudian Nuryadi, Saifulloh, Sahrudin, Suhendar, dan Sunardi yang bertugas sebagai pengangkut hasil pembalakan.

Dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Tanjungkarang, Rabu 22 Mei 2019, menyatakan kedelapan terdakwa bersalah telah melakukan pengrusakan hutan dengan melakukan penebangan liar.

Empat Jabatan Kepala Dinas di Lampung Utara Lowong

"Kalian terbukti melakukan perambahan hutan dan pembalakan liar, kalian telah merusak hutan yang mana itu adalah warisan anak cucu kelak," celetuk Mejelis Hakim Ketua Yus Enidar.

Yus Enidar pun menyatakan bahwa terdakwa Hasan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah secara bersama-sama melakukan penebangan hutan sebagaimana diatur dalam pasal 82 ayat 1 huruf b UU RI no 18 tahun 2013.

Hydrant Tak Berfungsi Saat Kebakaran, DPRD Pringsewu Panggil Dinas PUPR dan BPBD

Sementara untuk terdakwa Tunadi, Patkurahman, Nuryadi, Saifulloh, Sahrudin, Suhendar, dan Sunardi, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah secara bersama-sama melakukan penebangan hutan sebagaimana diatur dalam Pasal 83 ayat 1 huruf a UU RI tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan hutan Jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

"Maka mengadili terdakwa Hasan dan Paturahman dengan hukuman penjara selama tiga tahun dan denda Rp 500 juta subsider 6 bulan," ungkap Yus Enidar.

Halaman
12
Penulis: hanif mustafa
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved