Pilpres 2019

KPU Umumkan Pemenang Pilpres Dini Hari, Jokowi-Ma'ruf Raih 55,5 Persen dan Prabowo-Sandi Gugat ke MK

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

KPU Umumkan Pemenang Pilpres Dini Hari, Jokowi-Ma'ruf Raih 55,5 Persen dan Prabowo-Sandi Gugat ke MK
Tribunnews
Hasil real count KPU data 100%. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (21/5/2019) dini hari, sekitar pukul 02.00 WIB.

Berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional untuk pilpres oleh KPU RI, pasangan nomor urut satu Jokowi-Ma'ruf Amin menang atas nomor urut dua Prabowo-Sandiaga Uno.

Jumlah perolehan suara Jokowi-Ma'ruf mencapai 85.607.362 atau 55,50 persen.

Sedangkan perolehan suara Prabowo-Sandi sebanyak 68.650.239 atau 44,50 persen.

Pagi harinya, Jokowi dan Ma'ruf menyampaikan pernyataan menanggapi penetapan KPU tersebut di kampung deret, RT 13 RW 01, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.

Keduanya berbicara di tengah jalan di antara kerumunan warga.

"Alhamdulillah, puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Swt. Rekapitulasi nasional pemilu serentak 2019 pada dini hari tadi rakyat Indonesia telah menentukan pilihan baik dalam Pileg maupun Pilpres," ucap Jokowi.

"Inilah makna dari hakiki, hakekat rakyat berdaulat. Saya dan KH Ma'ruf Amin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia di mana pun berada atas kepercayaan yang diberikan kepada kami berdua," kata Jokowi lagi.

Atas kepercayaan dan amanah tersebut, Jokowi berjanji akan mewujudkannya dalam program pembangunan yang adil dan merata untuk seluruh golongan dan seluruh lapisan masyarakat di seluruh pelosok tanah air.

"Setelah dilantik pada bulan Oktober nanti, kami adalah presiden dan wakil presiden untuk seluruh Rakyat Indonesia. Kami adalah pemimpin dan pengayom dari 100 persen rakyat Indonesia," tegas Jokowi.

Halaman
1234
Editor: Teguh Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved