Tribun Pringsewu

Lampu Jalan Diminta Diprioritaskan Jelang Arus Mudik Lebaran

Dinas Perhubungan Kabupaten Pringsewu berkoordinasi dengan Kementrian Perhubungan RI untuk penambahan lampu jalan di sejumlah titik Jalan Lintas Barat

Lampu Jalan Diminta Diprioritaskan Jelang Arus Mudik Lebaran
Tribunlampung.co.id
Ilustrasi - Lampu jalan di Bypass 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Dinas Perhubungan Kabupaten Pringsewu berkoordinasi dengan Kementrian Perhubungan RI untuk penambahan lampu jalan di sejumlah titik Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Kabupaten Pringsewu.

Terutama di titik yang kurang mendapat penerangan. Seperti tikungan Jalinbar Kelurahan Fajaresuk Kabupaten Pringsewu.

Kepala Dinas Perhubungan Pringsewu Hendrid mengatakan, lampu jalan yang ada sampai saat ini masih tergantung pada tiang listrik PLN untuk pemasangannya.

Sedangkan di tikungan Fajaresuk, sejumlah tiang PLN berada di seberang irigasi, atau di area pekarangan warga. Sehingga lampu hanya menerangi pekarangan warga.

Penerangannya pun tidak sampai ke jalan raya. "Kami berupaya koordinasi dengan Kementrian Perhubungan supaya dipasang lampu jalan tenaga surya," katanya.

Papasan dengan Pengendara Motor, Pria Ditembak Saat Hendak Berangkat Salat Tarawih ke Masjid

Dia mengutarakan Kementrian Perhubungan, setiap tahunnya ada pengadaan penerangan lampu jalan tenaga surya. Tahun lalu, tambah dia, Jalinbar Kabupaten Pringsewu mendapat 75 titik pemasangan.

Sedangkan tahun ini, menurut dia, masih dalam proses tender. Pihaknya pun belum mengetahui berapa jumlah yang akan dipasang di Bumi Jejama Secancanan.

Siswi SMA Dicabuli Pria Baru Dikenal, Orangtua Curiga Anak Diantar Jemput

Ia mengungkapkan untuk Pemkab Pringsewu juga melakukan pemasangan di tahun ini sekitar 75 unit. Dia mengakui bila lampu jalan merupakan proses tahapan pembangunan.

"Itu (lampu jalan) kan proses tahapan pembangunan. Upaya pelayanan masyarakat, tiap tahun kita tingkatkan. Namun bertahap sesuai kemampuan anggaran," ujarnya.

DPRD Pringsewu menilai penambahan lampu penerangan jalan perlu dilakukan. Menurut Ketua DPRD Pringsewu Aminallah Adisyanto mengatakan, bahwa tidak hanya pengadaan, juga tidak kalah penting perawatannya.

Menurut dia, dengan begitu kecelakaan lalu lintas lebih bisa diminimalisir lagi. "Apa lagi banyak masyarakat luar yang melintasi atau berkunjung ke Kabupaten Pringsewu," ungkapnya.

Dia menambahkan bila dalam waktu dekat merupakan momen mudik dan balik lebaran. Oleh karena itu dia meminta supaya Dishub lebih memperhatikan keselamatan pemudik. (Tribunlampung.co.id/R Didk Budiawan C)

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved