Tribun Bandar Lampung

Lebaran Konsumen PDAM Harus Jadi Prioritas Utama

PDAM harus menjadikan konsumen sebagai prioritas utama dalam pelayanan air. Mulai dari ketersediaan, kualitas, hingga kuantitas air.

Lebaran Konsumen PDAM Harus Jadi Prioritas Utama
tribunlampung/hanif
Ilustrasi - Gang Mangga Dua, Kelurahan Kelapa Tiga, Kecamatan Tanjungkarang Pusat tergenang air karena kebocoran pipa PDAM. 

Lebaran Konsumen PDAM Harus Jadi Prioritas Utama

Laporan Reporter Tribun Lampung Jelita Kinanti 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - PDAM harus menjadikan konsumen sebagai prioritas utama dalam pelayanan air. Mulai dari ketersediaan, kualitas, hingga kuantitas air.

Apalagi sebentar lagi Lebaran. Masyarakat sangat membutuhkan air untuk menyiapkan segala kebutuhan Lebaran. Masyarakat tidak mau tahu hal-hal yang bisa menghambat mereka mendapatkan air.

Lebaran PDAM Buka Layanan 4 Jam

"Misalnya hambatan itu musim kemarau yang membuat air menjadi susah didapatkan. Masyarakat tidak mau tahu hambatan itu. Mereka tahunya mereka mendapatkan air, karena mereka sudah membayar," ujar Pengamat Kebijakan Publik Dedy Hermawan.

Selain kemarau, masyarakat juga sering menghadapi persoalan air yang hanya mengalir di jam-jam tertentu, tidak 24 jam. Misal pagi air mengalir, tapi siang tidak mengalir lagi, atau mengalirnya hanya sore hari saja.

Air PDAM 3 Minggu Tidak Aliri Jl Agus Salim

Kualitas air juga sering jadi persoalan yang dihadapi masyarakat. Kadang ada warga yang sampai harus mengendapkan air dahulu supaya airnya bisa benar-benar bersih. Persoalan-persoalan itu sudah jadi persoalan regular.

Untuk mengatasi persoalan itu, PDAM perlu menyediakan SDM yang mampu melakukan terobosan yang kreatif dan inovatif. Jika terobosan itu tidak bisa dilakukan sendiri, tidak ada salahnya bekerja sama dengan pihak ketiga.

"Kreatif dan inovatif dalam membuat terobosan baru mestinya harus bisa dilakukan, karena PDAM dikelola manajemen swasta. Jadi pasti bisa. Kalau terobosan bisa dilakukan, air bukan lagi jadi persoalan masyarakat," kata Dedy

Kalau terobosan belum dilakukan, sampai kapanpun persoalan regular yang sudah disebutkan tidak akan selesai. Bahkan saat Lebaran nanti, persoalan itu masih tetap ada.(din)

Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved