Tolak Gratifikasi THR, Pemprov dan 4 Pemda di Lampung Diapresiasi KPK, Salah Satunya Lampung Selatan

Tolak Gratifikasi THR, Pemprov dan 4 Pemda di Lampung Diapresiasi KPK, Salah Satunya Lampung Selatan

Tolak Gratifikasi THR, Pemprov dan 4 Pemda di Lampung Diapresiasi KPK, Salah Satunya Lampung Selatan
net
Ilustrasi-Tolak Gratifikasi THR, Pemprov dan 4 Pemda di Lampung Diapresiasi KPK, Salah Satunya Lampung Selatan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi Lampung dan 4 pemerintah daerah (Pemda) di Bumi Ruwa Jurai diapresiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Apresiasi ini diberikan setelah KPK mendapatkan informasi sekurangnya 38 pemda telah menindaklanjuti imbauan menolak gratifikasi terkait Hari Raya Idul Fitri.

"KPK mengapresiasi langkah pemda tersebut sebagai bentuk upaya pencegahan korupsi di lingkungan pemerintah daerah terkait penerimaan gratifikasi oleh pejabat publik," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah, dalam keterangan tertulis, Sabtu (25/5/2019).

KPK juga mengingatkan pejabat negara untuk tidak menerima pemberian dalam bentuk apa pun yang termasuk kategori gratifikasi terkait jabatan dan berlawanan dengan tugas dan tanggung jawabnya.

 "Tolak pada kesempatan pertama atau bila karena kondisi tertentu tidak dapat menolak, maka penerimaan gratifikasi tersebut harus dilaporkan paling lambat 30 hari kerja kepada KPK," ujarnya.

Sebelumnya, KPK mengeluarkan imbauan yang dituangkan dalam Surat Edaran (SE) KPK No. B/3956/GTF.00.02/01-13/05/2019 tanggal 8 Mei 2019 tentang Imbauan Pencegahan Gratifikasi terkait Hari Raya Keagamaan yang ditujukan kepada Pimpinan instansi/kementerian/lembaga/organisasi/pemerintah daerah/BUMN/BUMD.

 Adapun pemerintah daerah yang telah mengeluarkan imbauan kepada segenap jajaran di lingkungannya terkait gratifikasi hari raya, yaitu:

Pemerintah Provinsi:

1. Pemprov Sulawesi Tenggara

 2. Pemprov Bengkulu

Halaman
1234
Editor: Safruddin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved