Bank Indonesia-Perbankan Buka Layanan Penukaran Bersama di Lapangan Korpri

Bank Indonesia KPw Provinsi Lampung bersama perbankan di Lampung melakukan layanan Penukaran Bersama di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Lampung.

Bank Indonesia-Perbankan Buka Layanan Penukaran Bersama di Lapangan Korpri
Tribunlampung.co.id/Ana
Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Provinsi Lampung Budiharto Setyawan mendampingi masyarakat yang menukar uang di Lapangan Korpri, Senin (27/5). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG Guna memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat jelang Lebaran, Bank Indonesia KPw Provinsi Lampung bersama perbankan di Lampung melakukan layanan Penukaran Bersama di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Provinsi Lampung.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Provinsi Lampung Budiharto Setyawan mengatakan, penukaran Bersama ini dilakukan selama tiga hari yakni 27, 28 dan 29 Mei 2019 bersama dengan 10 perbankan di Lampung.

Kesepuluh perbankan tersebut antara lain Bank Lampung, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Central Asia (BCA), Bank Danamon, Bank Permata, Bank Tabungan Negara (BTN), Maybank Indonesia, dan Bank Syariah Mandiri.

"Selain itu, kami juga memperluas cakupan lokasi penukaran bersama antara lain di Pelabuhan Bakauheni pada tanggal 27 – 29 Mei 2019 dan di Bandara Radin Inten II pada tanggal 29 Mei 2019," jelasnya saat Kick Off Penukaran Bersama di Lapangan Korpri Kantor Gubernur Provinsi Lampung, Senin (27/5).

Mandiri Area Lampung Siapkan Uang Tunai Rp 835 Miliar Selama Periode Lebaran 2019

Budiharto menambahkan, dalam kegiatan penukaran bersama di Lapangan Korpri ini, KPw BI Provinsi Lampung menargetkan jumlah penukar minimal 1.500 orang dengan batas maksimum penukaran Rp 4,4 juta per orang.

Untuk membantu kelancaran proses penukaran, Bank Indonesia menyediakan paket penukaran senilai Rp 4,4 juta yang terdiri dari pecahan Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5 ribu dan Rp 2 ribu.

Namun, diluar itu masyarakat bisa menukar sesuai dengan jenis pecahan yang diinginkan tanpa melebihi nilai maksimum yang telah ditetapkan.

Harga Emas Hari Ini Senin 27 Mei 2019

"Kami berharap kegiatan kas keliling bersama yang akan diselenggarakan dapat berjalan optimal, tertib, dan aman serta dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat sehingga masyarakat dapat memperoleh uang pecahan kecil dengan mudah, praktis, dan aman," lanjut Budiharto.

Masyarakat juga diimbau untuk menjaga kondisi uang Rupiah melalui 5J (Jangan Dilipat, Jangan Diremas, Jangan Distapler, Jangan Dicoret, dan Jangan Dibasahi).

Selain itu, masyarakat juga diingatkan agar dalam melakukan transaksi harus selalu waspada dan berhati-hati dengan mengenali ciri-ciri keaslian uang Rupiah melalui 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang).

Sebagai informasi, secara nasional, Bank Indonesia menyiapkan layanan penukaran uang di 2900 titik penukaran di seluruh wilayah NKRI termasuk di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil).

Layanan tersebut merupakan sinergi Bank Indonesia dengan perbankan untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat selama periode Ramadan dan Idul Fitri 1440 H/2019.

Kegiatan penukaran dengan tema Rupiah Untuk Negeri: Titik Sinergi Bank Indonesia dan Perbankan Melayani Negeri dilakukan dengan membuka kegiatan kas keliling di titik-titik keramaian, kantor kas perbankan, kantor instansi lain, dan di lokasi strategis lainnya.

(Tribunlampung.co.id/Ana Puspita Sari)

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved