Tribun Tulangbawang

Dapat Jatah 7 Kuota Tambahan Haji, 3 Calhaj Lansia Tuba Jadi Berangkat Tahun Ini

Kabar gembira untuk Kabupaten Tulangbawang. Tahun ini, Kabupaten Tuba mendapatkan jatah tujuh dari 10 ribu kuota tambahan calon jamaah haji

Dapat Jatah 7 Kuota Tambahan Haji, 3 Calhaj Lansia Tuba Jadi Berangkat Tahun Ini
Tribun Lampung/Endra Zulkarnain
Zainal Arifin, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Tuba 

Dapat Jatah 7 Kuota Tambahan Haji, 3 Calhaj Lansia Tuba Jadi Berangkat Tahun Ini

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Kabar gembira untuk Kabupaten Tulangbawang. Tahun ini, Kabupaten Tuba mendapatkan jatah tujuh dari 10 ribu kuota tambahan calon jamaah haji (CJH) yang diberikan Pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tulangbawang Zainal Arifin mengatakan, 7 kuota tambahan tersebut diprioritaskan bagi CJH lanjut usia (lansia). "Mereka akan diberangkatkan secara bersamaan tahun ini, dengan ratusan jamaah lain yang sudah dijadwalkan sebelumnya," kata Zainal, Senin (27/5)

Zainal menjelaskan, dari 7 kuota tambahan tersebut, 3 kuota di antaranya merupakan CJH lansia dan 4 CJH cadangan.

15 Calhaj Metro Belum Lunasi Biaya Haji

Namun, Zainal mewanti-wanti bagi empat CJH cadangan. Pasalnya, jika kuota haji Lampung melebihi kapasitas, secara otomatis mereka akan gagal berangkat dan diberangkatkan pada tahun berikutnya.

"Tiga CJH lansia ini positif berangkat, yang masih belum pasti itu empat CJH cadangan, karena jika kuota haji seluruh Lampung kelebihan maka mereka dipastikan gagal. Tapi kalau kuota Lampung kurang atau tidak tercukupi kemungkinan bisa berangkat," papar Zainal.

Saat ini, kata Zainal, 7 CJH tambahan tengah melaksanakan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahap tiga yang akan berakhir 29 Mei ke depan.

Selain itu, dari 285 CJH asal Tulangbawang yang akan berangkat tahun ini, 277 di antaranya sudah melaksanakan suntik Maningitis dan 267 CJH telah selesai melakukan perekaman Biometrik.

438 Calhaj Lampura Lunasi BPIH Tahap Pertama

"Delapan jamaah belum suntik Maningitis, karena masih menunggu pembayaran tahap tiga selesai. Sementara 18 CJH yang belum perekaman itu masih, kita ajukan. Kalau yang sudah positif berangkat tahun ini ada 281 jamaah, kemungkinan berangkat akhir Juli atau awal Agustus" tandasnya.

28 Orang Belum Lunas BPIH
Sebanyak 28 dari 280 calon jemaah haji Tulangbawang dipastikan batal berangkat ke Tanah Suci tahun ini.

Ini lantaran sampai batas akhir pelunasan biaya pemberangkatan ibadah haji (BPIH) tahap pertama pada 15 April lalu, 28 calhaj itu belum menyetor BPIH.
Dari total 280 calhaj asal Tulangbawang, baru 252 calhaj yang sudah melunasi BPIH.

Kepastian itu didapat setelah jadwal pelunasan BPIH tahap pertama dengan nomor porsi 0800089310 hingga 0800096330 yang berlangsung sejak 20 Maret hingga 15 April berakhir. Adapaun biaya haji tahun ini mencapai Rp 34.987.280.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Tulangbawang Zainal Arifin menjelaskan, 28 calhaj yang gagal berangkat tahun ini dapat melunasi BPIH pada tahun berikutnya.

"(28) calhaj itu bisa berangkat tahun berikutnya jika telah melunasi BPIH. Tahun depan mereka masuk skala prioritas untuk keberangkatannya," terang Zainal, Jumat, 26 April 2019.(end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved