Tribun Lampung Selatan

Selasa Besok Ada Penyeberangan Gratis Bagi Pemudik Sepeda Motor, Berikut Syarat dan Jadwalnya

Bagi warga yang ingin melakukan mudik lebaran, PT ASDP cabang Bakauheni besok akan melakukan pemberian penyeberangan gratis.

Selasa Besok Ada Penyeberangan Gratis Bagi Pemudik Sepeda Motor, Berikut Syarat dan Jadwalnya
Tribunlampung.co.id/Dedi
Suasana penyeberangan Pelabuhan Bakauheni, Senin 27 Mei 2019. 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Bagi warga yang ingin melakukan mudik lebaran, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) cabang Bakauheni besok akan melakukan pemberian penyeberangan gratis dalam dua waktu penyeberangan ke pelabuhan Bakauheni.

Humas PT ASDP cabang Bakauheni, Saifulahil Maslul Harahap mengatakan bahwa untuk jadwal penyeberangan gratis bagi pengguna sepeda motor ini besok pada hari selasa (28/5) untuk pelayanan pada pukul 10.00 dan 12.00 wib.

“Besok untuk penyeberangan gratis bagi pengguna motor ini. Ada 2 jadwal penyeberangan dari pelabuhan Merak menuju Bakauheni untuk jadwal siang,” kata dia kepada tribun, senin (27/5).

Penyeberangan gratis ini hanya untuk pengguna sepeda motor. Dan hanya ada dua waktu penyeberangan khusus dari pelabuhan Merak menuju Bakauheni. Sedangkan untuk dari Bakauheni – Merak tidak.

“Penyeberangan gratis untuk pemudik sepeda motor ini khusus dari pelabuhan Merak. Dan untuk kapalnya nanti juga akan ditentukan,” terang Saiful.

Untuk pendaftaran penyeberangan gratis bagi pemudik sepeda motor ini berakhir hari ini. Namun untuk pendaftarannya ada di pelabuhan ASDP Merak. Karena untuk penyeberangan gratis ini dari pelabuhan Merak menuju Bakauheni.

Jadwal Ganjil Genap 2019 Merak-Bakauheni, Berlaku Mulai Kamis 30 Mei 2019

Saat disinggung terkait rencana penerapan perbedaan tariff pada siang dan malam hari, Saiful mengatakan sejauh ini belum ada penjelasan/informasi terkait dengan hal tersebut. Untuk tariff masih merupakan tariff sebelumnya yang telah ditetapkan.

Kementerian Perhubungan sempat merencanakan perbedaan tariff penyeberangan di pelabuhan Merak-Bakauheni pada puncak mudik lebaran 2019 ini, rencananya tariff malam hari akan lebih mahal 20-30 persen dari penyeberangan siang hari.

Prakiraan Cuaca BMKG Lampung Senin 27 Mei 2019

Kebijakan ini diambil setelah rencana penerapan ganji-genap dalam penyeberangan selat hanya bersifat himbauan. Pemerintah sendiri akan tetap mengacu pada koridor aturan terkait dengan rencana penerapan pembedaan tariff siang dan malam ini.

“Sejauh ini belum ada penjelasan terakit dengan rencana tersebut. Untuk tariff masih tariff sebelumnya,” kata Saiful.

Istri Pejabat Pemprov Tarik-menarik Tas dengan Jambret Sampai Alami Patah Kaki

Sementara itu pada saat pelayanan mudik mendatang, pemerintah menyiapkan system genap -  ganjil di penyeberangan Merak-Bakauheni. Penerapan ganjil-genap ini diberlakukan pukul 20.00 -08.00 wib.

Untuk pelabuhan Merak, penerapan system ganjil rencananya pada H-6 dan H-4 untuk nopol genap. Dan H-5 danH-5 untuk nopol ganjil. Sedangkan di Bakauheni pada H+2 untuk nopol genap. Dan H+1 dan H+3 untuk nopol ganjil.

“Penerapan sistem ganjil – genap ini bersifat himbauan. Kalau memang pada saat perapan untuk nopol ganji, tetap ada masyarakat yang membawa kendaraan dengan nopol genap sudah sampai di pelabuhan, tetap akan kita layani. Dan sebaliknya juga,” ujar Saiful. (Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved