Tribun Metro

1 Juni Puncak Arus Mudik, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Puncak arus mudik di wilayah Kota Metro diprediksi terjadi mulai H-4 atau 1 Juni. Pemudik diimbau mematuhi aturan lalu lintas

1 Juni Puncak Arus Mudik, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas
Tribun Lampung/Indra Simanjuntak
Kepala Satlantas Polres Kota Metro Ajun Komisaris Mulia N Kusnadi 

1 Juni Puncak Arus Mudik, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Puncak arus mudik di wilayah Kota Metro diprediksi terjadi mulai H-4 atau 1 Juni. Pemudik diimbau mematuhi aturan lalu lintas dan mengutamakan keselamatan berkendara.

Kepala Satlantas Polres Kota Metro Ajun Komisaris Mulia N Kusnadi mengatakan, puncak arus mudik di wilayah setempat diperkirakan Sabtu atau H-4. Ini karena pegawai atau karyawan swasta sudah mulai libur.

"Kalau untuk hari ini (kemarin) arus mudik masih landai," ujarnya, Rabu (29/5). Ia mengaku, Satlantas juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas jika terjadi penumpukan kendaraan pada ruas jalan utama.
Di mana kendaraan dari arah Jalan Jendral Sudirman diarahkan lurus menuju Jalan Nasution.

Satnarkoba Polres Metro Tes Urine Mendadak Sopir Bus AKAP di Terminal Mulyojadi

Sementara kendaraan dari Terminal ke Sudirman dialihkan ke Jalan KH Arsyad. Adapun kendaraan dari 22 ke arah Sudirman dialihkan ke Raden Intan.

Terpisah, Kabid Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Metro Chandra Laksana menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran Satlantas Polres untuk kelancaran arus mudik dan balik bagi pemudik di Bumi Sai Wawai.

"Untuk rekayasa lalu lintas skemanya sudah bersama kita bahas dengan Satlantas. Kita terjunkan 46 anggota selama arus mudik dan balik itu bergiliran. Perkiraan kita puncak arus mudik terjadi Minggu," imbuhnya.

Karena pada hari tersebut seluruh pegawai telah libur, termasuk PNS. "PNS kan mulai libur Sabtu. Untuk pos kita ada tiga. Itu dua pos bersama dan satu pos kita sendiri ada di Ganjar Agung," tukasnya.

Polres Metro Canangkan Wilayah Bebas Korupsi

Terkait arus mudik Lebaran, Dishub Kota Metro sendiri sebelumnya telah melakukan pengecekan kelengkapan kendaraan untuk angkutan laik Lebaran.

Menurut Chandra Laksana, ada 51 bus AKDP (angkutan antar kota dalam provinsi) yang kendaraannya diuji untuk dinyatakan laik angkutan mudik lebaran. Pengujian dilakukan untuk kenyamanan dan keamanan pemudik.

Antisipasi Parkir Liar

Satlantas Polres Kota Metro akan menertibkan parkir liar yang dapat memicu kemacetan dan mengganggu arus mudik di wilayah setempat.

Kepala Satlantas Polres Kota Metro Ajun Komisaris Mulia N Kusnadi menjelaskan, untuk mengantisipasi parkir liar di Jalan Imam Bonjol, pihaknya akan memasang water barier dengan tali. Serta mengimbau petugas parkir.

"Kita minta jangan ada kendaraan R4 parkir di sana. Kami juga telah berkoordinasi dengan Dishub serta Pol PP untuk bersama-sama menjaga di lokasi itu secara bergantian," tuntasnya.(dra)

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved