Tribun Metro

Diskes Siagakan 27 Ambulans di Tiga Poskotis

Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Metro menyiagakan 27 ambulance di Poskotis mulai 28 Mei hingga 13 Juni 2019.

Diskes Siagakan 27 Ambulans di Tiga Poskotis
TRIBUN LAMPUNG/ROBERTUS DIDIK
ILUSTRASI - Albi Setya Perdana relawan pengawal ambulans yang membawa pasien rujukan. Ia bersama rekan relawan lainnya tergabung dalam komunitas Indonesian Escorting Ambulans (IEA). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Indra Simanjuntak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, METRO - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Metro menyiagakan 27 ambulans di Poskotis mulai 28 Mei hingga 13 Juni 2019.

Kepala Diskes Kota Metro Erla mengatakan, 27 ambulance nantinya akan dibagi pada tiga poskotis. Yakni di Masjid Taqwa, eks SPBU Yosodadi, dan di depan Palem Indah Ganjaragung. Untuk ambulans di Masjid Taqwa dan Eks SPBU Yosodadi beroperasi selama 24 jam.

"Untuk yang di Ganjaragung kita mengikuti polisi sampai dengan jam 3 sore. Mobil disiagakan akan dibagi shift. Ini dilakukan untuk memberikan pengobatan bagi para pemudik yang mengalami masalah kesehatan saat diperjalanan," ujarnya, Rabu (29/5).

Bupati Pesibar Agus Istiqlal Serahkan bantuan 40 Mobil Ambulans untuk Pekon

Selain dari Dinkes dan Puskesmas, ambulance juga atas partisipasi sejumlah rumah sakit dan klinik yang ada di Kota Metro. "Kalau untuk puskesmas jumlahnya ada 12, terus 2 dari Dinkes, ditambah 13 ambulans dari rumah sakit swasta dan klinik," ungkapnya.

Dijelaskannya, pada mobil ambulance dilengkapi peralatan obat-obatan untuk memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K). Selain itu juga ada petugas kesehatan dan supir yang siap jalan.

"Jadi saya minta petugas untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai jadwal dan tata tertib di puskesmas. Jangan sampai poskotis bermasalah gara-gara petugas kesehatan. Jaga nama baik Dinas Kesehatan agar poskotis dapat berjalan lancar," tuntasnya.

Penulis: Indra Simanjuntak
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved