Tribun Tulangbawang

Pemkab Siapkan Rp 68,7 M untuk Alokasi Dana Kampung

Tahun ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) menggelontorkan anggaran Rp 527 juta per kampung.

Pemkab Siapkan Rp 68,7 M untuk Alokasi Dana Kampung
Ilustrasi 

Pemkab Siapkan Rp 68,7 M untuk Alokasi Dana Kampung

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Tahun ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) menggelontorkan anggaran Rp 527 juta per kampung.

Anggaran alokasi dana kampung (ADK) itu diperuntukkan demi percepatan pembangunan di kampung. Kepala DPMK Yen Dahren mengatakan,

ADK terbesar tahun ini menyasar Kampung Gedung Meneng, Kecamatan Gedung Meneng dengan total anggaran yang digelontorkan Rp 1,1 miliar.

Adapun ADK terkecil adalah Kampung Aji Permai Talang Buah, Kecamatan Gedung Aji sebesar Rp 384 juta. "Tapi rata-rata ADK untuk 2019 kita gelontorkan Rp 527 juta per kampung," terang Yen Dahren, Rabu (29/5).

2 Kabupaten di Lampung Rebutan Nama Gerbang Tol Menggala, Ini Solusi dari Bupati Tulangbawang Barat

Dia menjelaskan, total pagu ADK Tulangbawang tahun 2019 sebesar Rp 68,7 miliar. Itu diperuntukan bagi penghasilan tetap Kepala Kampung dan Perangkat Kampung serta tunjangan Badan Permusyawaratan Kampung (BPK) dan insentif rukun tetangga yang kesemuanya mencapai Rp 48, 1 miliar.

"Kalau untuk nonsiltap sebesar Rp140 juta per kampung," papar Yen.
Selain dana tersebut, DPMK juga mengalokasikan bantuan khusus kabupaten untuk usaha ekonomi produktif (UEP) sebesar Rp 60 juta per kampung.

Pemkab Tuba Jual Beras Rp 6.500 per Kilogram di Pasar Murah Penawar Aji

UEP diberikan kepada tiga kelompok, yaitu kelompok muslimah, kelompok karang taruna dan kelompok wanita yang ada di masing-masing kampung.

Yen mengatakan, dana yang digelontorkan itu masuk dalam 25 program unggulan Pemkab Tulangbawang.

"Pemberian anggaran sebesar setengah miliar per kampung ini dimaksudkan agar pembangunan dan kesejahteraan di Kampung dapat benar-benar semakin dirasakan masyarakat," kata Yen Dahren.(end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved