Tribun Tanggamus

SIM dan Pajak Kendaraan Habis di Masa Cuti Bersama Dapat Dispensasi, Ini Waktu Perpanjangannya

SIM dan Pajak Kendaraan Habis di Masa Cuti Bersama Dapat Dispensasi, Ini Waktu Perpanjangannya

SIM dan Pajak Kendaraan Habis di Masa Cuti Bersama Dapat Dispensasi, Ini Waktu Perpanjangannya
Kompas.com
ilustrasi SIM. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Polres Tanggamus tutup layanan pembuatan dan perpanjangan SIM pada 30 Mei sampai 9 Juni 2019 dikarenakan masa cuti bersama Idul Fitri 1440 H.

Menurut Kasatlantas AKP Dade Suhaeri, dengan adanya masa itu maka masyarakat diberi dispensasi bagi yang periode SIM-nya habis.

Selanjutnya pelayanan SIM akan dibuka lagi mulai 10 Juni sampai 18 Juni 2019 untuk kesempatan perpanjangan yang habis bertepatan dengan masa cuti bersama.

"Namun bagi pemilik SIM yang tidak melakukan proses perpanjangan sampai dengan 18 Juni 2019 maka diberlakukan proses penerbitan SIM baru," kata Dade mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto.

Ia mengaku, hal itu merupakan dispensasi pasal 11 ayat (1) Perkap No 9 tahun 2012, maksudnya masa berlaku SIM lima tahun dan dapat diperpanjang sebelum habis masa berlakunya. Apabila terlambat memperpanjang SIM sehari saja, harus kembali mengikuti ujian SIM.

"Namun karena libur panjang lebaran 2019, masyarakat diberikan dispensasi dengan batas waktu tersebut," jelas Dade.

Catatan Harian Maling Ungkap Daftar Barang Curiannya, Minyak Wangi hingga Ayam Goreng

Selain SIM, pelayanan di Samsat Tanggamus juga tutup antara 1 Juni sampai 7 Juni 2019 di seluruh Kantor Samsat di Provinsi Lampung tidak melakukan proses pelayanan PKB dan BBNKB.

Kasatlantas Polres Tanggamus AKP Dade Suhaeri
Kasatlantas Polres Tanggamus AKP Dade Suhaeri (Tribunlampung.co.id/Tri)

Informasi tersebut berdasarkan Surat Edaran nomor : 970/0534/VI.03/01/05/2019 yang ditandatangani Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Lampung Ir. HE. Piterdono.

Dalam surat edaran tersebut pelayanan Kantor Bersama Samsat Provinsi Lampung kembali dibuka dimulai pada 8 Juni 2019. Maka diberlakukan juga toleransi terhadap kendaraan bermotor yang masa PKB dan BBNKN-nya jatuh tempo pada 1 Juni sampai 7 Juni 2019.

Dulu Hidup Miskin, Artis Dangdut Asal Thailand Kini Sukses Berkarier di Indonesia hingga Jadi Idola

Sedangkan masa toleransi waktu pembayarannya pada 10 Juni-15 Juni 2019, serta tidak dikenakan denda atas keterlambatan pembayaran PKB dan BBNKB.

Apabila masa PKB dan BBNKNnya jatuh tempo pada tanggal 1 Juni - 7 Juni 2019 namun dibayarkan lewat 15 Juni 2019 akan dikenakan denda sesuai ketentuan yang berlaku. (Tribunlampung.co.id/Tri Uulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved