Pertemuan dengan Trump Tak Ada Hasil, Kim Jong Un Eksekusi 5 Pejabat Luar Negeri

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un kembali membuat kontroversi . Kim dilaporkan melakukan pembersihan, di antaranya mengeksekusi pejabat senior

Pertemuan dengan Trump Tak Ada Hasil, Kim Jong Un Eksekusi 5 Pejabat Luar Negeri
kompas.com
Pertemuan dengan Trump Tak Ada Hasil, Kim Jong Un Eksekusi Lima Kementerian Luar Negeri 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un kembali membuat kontroversi .

Kim dilaporkan melakukan pembersihan, di antaranya mengeksekusi pejabat seniornya Maret lalu.

Pembersihan yang dilakukan setelah pertemuan Kim dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Hanoi, Vietnam, pada Februari lalu menuai kegagalan.

Pertemuan yang dilangsungkan selama dua hari tak menghasilkan kesepakatan apapun karena baik Kim maupun Trump tidak sepakat soal sanksi yang diberikan kepada Korut.

Dilansir Chosun Ilbo via Sky News Kamis (30/5/2019), salah satu dari korban eksekusi Kim adalah pejabat senior Kementerian Luar Negeri Kim Hyok Chol.

Kim Hyok Chol merupakan merupakan utusan Korut yang bertanggung jawab atas perundingan kedua Kim dan Trump di Vietnam bersama Utusan AS Stephen Biegun.

"Kim Hyok Chol dan empat pejabat kementerian luar negeri lainnya diinterogasi dan dieksekusi di Bandara Mirim Maret lalu," kata sumber internal Korut.

Simpan Rahasia Besar di Balik Kotoran, Kim Jong Un Selalu Bawa Toilet Pribadi Kemanapun

Pernah Jadi Keluarga Soeharto, Aktris Lulu Tobing Kini Dilamar Cucu Raja Kapal

Saat Konfrontasi Indonesia Malaysia, Ternyata Negara Ini Sudah Siapkan Kapal Induk Gempur Indonesia

Mereka dibunuh setelah dituduh menjadi mata-mata bagi Washington. Chosun Ilbo memberitakan, eksekusi itu merupakan upaya pengalihan yang dilakukan Pyongyang terhadap isu kekacauan internal dan ketidakpuasan.

Laporan PBB baru-baru ini menyatakan penduduk di negara tetangga Korea Selatan (Korsel) itu hidup dalam "lingkaran setan, korupsi, dan penindasan".

Selain Kim Hyok Chol, pejabat lain yang disingkirkan adalah Kim Yong Chol. Pejabat yang disebut sebagai orang nomor dua Kim itu disebut dikirim ke kamp kerja paksa di Provinsi Jagang.

Halaman
12
Penulis: Romi Rinando
Editor: Reny Fitriani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved