Tribun Lampung Selatan

Tercatat Sudah 200 Ribu Pemudik Pulau Jawa Tiba di Pelabuhan Bakauheni

Pemudik dari pulau Jawa mulai ramai tiba di pelabuhan Bakauheni pada H-5 menjelang lebaran hari ini, jumat (31/5).

Tercatat Sudah 200 Ribu Pemudik Pulau Jawa Tiba di Pelabuhan Bakauheni
Tribunlampung.co.id/Dedi
Arus penyeberangan di pelabuhan Bakauheni Jumat 31 Mei 2019. 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Pemudik dari pulau Jawa mulai ramai tiba di pelabuhan Bakauheni pada H-5 menjelang lebaran hari ini, jumat (31/5).

Kedatangan pemudik tidak hanya didominasi oleh kendaraan pribadi. Tetapi juga pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Sejak pagi hingga siang, arus kedatangan pemudik dari pulau Jawa di pelabuhan Bakauheni terus mengalir. Mulai juga terlihat pemudik penumpang pejalan kaki.

Para pemudik yang telah mudik mengaku mereka memilih mudik lebih awal untuk menghindari kemacetan dan penumpukan pada akhir pekan ini yang diperkirakan akan menjadi puncak arus mudik lebaran.

“Kita memilih mudik lebih awal agar tidak harus antri di pelabuhan Merak, Banten,” terang Joko, salah seorang pemudik yang menggunakan sepeda motor kepada tribun.

Memasuki H-5 menjelang lebaran, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi terus mengalir tiba dari pulau Jawa. Cukup ramainya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi ini membuat terjadinya antrian di pintu tol Bakauheni Selatan.

Waspadai Peredaran Daging Gelonggongan Jelang Lebaran, Begini Cara Cek Daging Sehat

Pada H-6 kemarin, tercatat sudah ada 264.964 penumpang yang menyeberang dari pelabuhan Merak, Banten. Jumlah ini mengalami peningkatan jika dibandingan tahun lalu untuk waktu yang sama. Dimana pada tahun lalu sampai dengan H-6 jumlah penumpang yang menyeberang dari pulau Jawa baru 186.853 orang.

“Memang kalau dilihat data produksi dari pelabuhan Merak, ada kenaikan untuk jumlah penumpang yang telah menyeberang hingga H-6. Kenaikannya mencapai 41 persen,” terang Saifulahil Maslul Harahap, Humas PT. ASDP cabang Bakauheni.

Begitu juga dengan kendaraan pribadi. Juga mengalami peningkatan. Hingga H-6 kemarin jumlah kendaraan pribadi yang menyeberang dari pelabuhan Merak, Banten mencapai 34.357 unit. Sedangkan pada tahun lalu hanya 25.171 unit.

Untuk kendaraan sepeda motor juga mengalami peningkatan. Bila tahun lalu sampai dengan H-6 baru sekitar 13.853 unit sepeda motor yang menyeberang. Pada mudik lebaran tahun ini hingga H-6 kemarin sudah ada 23.288 unit sepeda motor yang menyeberang.

Puncak arus mudik lebaran tahun ini diperkirakan terjadi pada akhir pekan ini. Pasalnya untuk buruh pabrik, baru akan libur pada sabtu akhir pekan besok.

Guna melayani angkutan penyeberangan pada H-5 menjelang lebaran tahun ini, otoritas pelabuhan penyeberangan dan PT. ASDP mengoperasikan sekitar 35 kapal ferry. (Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved