Ramadan 2019

Waspadai Peredaran Daging Gelonggongan Jelang Lebaran, Begini Cara Cek Daging Sehat

Dikhawatirkan, momen Lebaran dijadikan ajang bagi oknum tertentu dengan menjual daging gelonggongan, oplosan, hingga ayam tiren.

Waspadai Peredaran Daging Gelonggongan Jelang Lebaran, Begini Cara Cek Daging Sehat
kompas.com/hungryworks
Ilustrasi - Daging. Waspadai peredaran daging gelonggongan jelang Lebaran, begini cara cek daging sehat. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN - Dinas Peternakan Kabupaten Tulangbawang Barat mengingatkan pedagang daging di wilayah setempat agar tidak memanfaatkan momentum Ramadan dan Lebaran untuk berbuat curang demi meraup keuntungan berlipat. 

Dikhawatirkan, momen Lebaran dijadikan ajang bagi oknum tertentu dengan menjual daging gelonggongan, oplosan, hingga ayam tiren (mati kemarin).

Kabid Keswan, Kesmavet, Pengolahan dan Pemasaran pada Disnak Tubaba Desie Andriyani melalui Kasi Keswan Irwan Sutrisno mengatakan, permintaan daging menjelang hari raya bisa meningkat hingga 30-50 persen dari hari biasa.

"Seiring permintaan konsumsi daging meningkat, harga juga biasanya mengalami kenaikan apalagi sudah mendekati Lebaran. Nah, kondisi tersebut tidak menutup kemungkinan dapat memicu pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk memanfaatkan situasi ini demi mengeruk keuntungan,” ungkapnya, Jumat, 31 Mei 2019.

Menurutnya, selain merugikan konsumen, praktik curang dengan menjual daging gelonggongan, oplosan, hingga ayam tiren juga merugikan pedagang daging lainnya.

Jika ini terjadi, pedagang lain juga bisa rugi lantaran masyarakat menjadi khawatir dan berpikir dua kali ketika akan membeli daging. 

"Kalau seperti itu, kasihan pedagang lain yang jujur, pasti akan terkena imbas dari praktik curang tersebut,” paparnya.

VIDEO Temuan 40 Kg Daging Kerbau India Tak Bertuan di Pasar Tugu

Cara Agar Badan Tetap Sehat Saat Hari Raya Meski Banyak Makan Daging

Untuk itu, selain pengawasan diperketat melalui pemeriksaan rutin dan kegiatan sidak pasar ataupun tempat pemotongan hewan (TPH), Disnak Tubaba juga tidak bosan mengingatkan para pedagang daging agar tidak nekat berbuat curang.

”Di Tubaba sampai sekarang belum ditemukan praktik curang tersebut. Tapi kita akan tetap meningkatkan pengawasan, baik di pasar-pasar ataupun TPH,” ujarnya.

Dia juga meminta peran aktif masyarakat dalam mencegah beredarnya daging gelonggongan, oplosan, dan ayam tiren.

Halaman
12
Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved