Mudik Lebaran 2019

Arus Mudik Lebaran Tahun Ini Meningkat Signifikan, ASDP Sebut Akibat 2 Faktor Ini

Pemudik yang menggunakan kendaraan meningkat signifikan dalam tiga hari pelayanan mudik lebaran pada tahun 2019 ini.

Arus Mudik Lebaran Tahun Ini Meningkat Signifikan, ASDP Sebut Akibat 2 Faktor Ini
Tribunlampung.co.id/Dedi
Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tiba di pelabuhan Bakauheni 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Pemudik yang menggunakan kendaraan meningkat signifikan dalam tiga hari pelayanan mudik lebaran pada tahun 2019 ini.

Lonjakan tertinggi terjadi pada H-6 kemarin. Dimana 16.380 unit kendarana pribadi menyeberang dari pelabuhan Merak, Banten ke Sumatera.

Jumlah ini jauh meningkat jika dibandingkan pada H-6 pada pelayanan mudik lebarn tahun 2018 lalu. Diman pada tahun lalu untuk periode yang sama jumlah kendaraan pribadi pemudik yang menyeberang dari pelabuhan  Merak hanya 12.540 unit.

Peningkatan juga terlihat pada H-7. Dimana jumlah kendaran pribadi pemudik yang menyeberang ke pulau Sementara dari pelabuhan Merak mencapai 12.413 unit. Jumlah ini meningkat tajam bila dibandingkan periode yang sama pada tahun 2018 silam yang hanya 7.457 unit.

Antrean Kendaraan Kembali Mengular di Pintu Tol Bakauheni Selatan

Sedangkan untuk H-5 kemarin, justru terlihat adanya penurunan jumlah kendaraan pribadi pemudik yang menyeberang ke pulau Sumatera. Jumlah kendaraan pribadi yang tiba dari pelabuhan Merak di pelabuhan Bakauheni sebanyak 12.904 unit.

Selain turun jika dibandingkan sehari sebelumnya. Jumlah ini pun turun jika dibandingkan periode yang sama di mudik lebaran 2018 lalu yang berjumlah 13. 669 unit.

ASDP Sediakan 8 Bus Khusus bagi Difabel, Lansia, dan Ibu Menyusui

Humas PT ASDP cabang Bakauheni, Saifulahil Maslul Harahap mengatakan adanya peningkatan kendaraan pribadi ini sebenarnya sudah diperkirakan sebelumnya.

Kehadiran jalan tol serta mahalnya tiket pesawat ditenggarai akan mendorong pemudik lebih memilih menggunakan moda angkutan darat.

“Memang diprediksikan untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi ini meningkat tahun ini. Karena ada tol dan juga mahalnya tiket pesawat,” terangnya, sabtu (1/6).

Sementara untuk pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor juga mengalami kenaikan. Kenaikannya bahkan dalam 3 hari terakhir  mendekati rata-rata 82 persen.

Dimana pada tahun 2018 lalu dalam 3 hari pertama pelayanan mudik lebaran jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dari pulau Jawa yang menyeberang ke Sumatera sebanyak 20.859 unit. Sedangkan tahun ini mencapai 38.108 unit.

Sedangkan untuk penumpang pejalan kaki terjadi peningkatan 13 persen. Tahun lalu 3 hari pertama H-7-H-5 jumlah pemudik pejalan kaki yang menyeberang dari pelabuhan Merak ke Sumatera sebanyak 46.222 orang. Sedangkan tahun ini untuk periode yang sama sebanyak 52.547 orang.

Akhir pekan ini diperkirakan arus balik pemudik dari pulau Jawa akan mencapai puncaknya. Mengingat pada akhir pekan ini sebagian besar karyawan swasta di Jabodetabek dan Serang Banten baru akan libur.(tribunlampung/dedi sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved