Mudik Lebaran 2019

Masih Banyak Pemudik Ragukan Keamanan Terminal Tipe A Rajabasa

Arus balik pemudik dari pulau Jawa masih mengalir ramai tiba di pelabuhan Bakauheni pada pagi ini, senin (3/6) yang merupakan H-2 lebaran.

Masih Banyak Pemudik Ragukan Keamanan Terminal Tipe A Rajabasa
Tribunlampung.co.id/Dedi
Pemudik Memilih Beristirahat di Pelabuhan Bakauheni 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Arus balik pemudik dari pulau Jawa masih mengalir ramai tiba di pelabuhan Bakauheni pada pagi ini, senin (3/6) yang merupakan H-2 lebaran.

Kedatangan pemudik dari pulau Jawa ini terlihat ramai mengalir sejak malam. Terutama untuk pemudik penumpang pejalan kaki.

Para pemudik ini sebagian memilih beristirahat di pelabuhan Bakauheni. Baru melanjutkan perjalanan pada pagi hari.

Para pemudik ini beralasan, mereka memilih beristirahat di pelabuhan Bakauheni karena menilai kondisi terminal Rajabasa Bandar Lampung masih rawan pencopetan dan kehilangan jika menginap.

Meski Mirip Barak, Rani Nyaman Istirahat di Pos Terpadu Polresta: Ada Polisi yang Jaga

“Lebih aman di pelabuhan Bakauheni. Kalau di Rajabasa lebih rawan, kerap terjadi kehilangan dan pencopetan,” kata Sriningsih, seorang pemudik yang hendak mudik ke Kota Gajah, Lampung Tengah.

Bagi para pemudik meski pemerintah dan kepolisian Polda Lampung telah memberikan jaminan keamanan untuk terminal Rajabasa dari tindak kriminal. Namun stigma rawan tetap melekat bagi para pemudik.

“Meski ada jaminan dari pemerintah dan juga kepolisian, kita tetap tidak terlalu yakin dengan keamanan terminal Rajabasa,” terang Andi pemudik lainnya yang hendak mudik ke Kota Bumi, Lampung Utara.

Menurut dirinya, ia memilih untuk melanjutkan perjalanan pada dini hari dan sampai di terminal Rajabasa pada pagi hari. Lalu melanjutkan perjalanan ke kampung halamannya.

Momen SBY dan Megawati Berjabat Tangan Jadi Sorotan, 3 Jabat Tangan Bersejarah yang Mengubah Dunia

Dari pantauan tribun pada dini hari tadi, pemudik yang memilih menginap di pelabuhan Bakauheni masih ramai. Para pemudik ini beristirahat di lobby ruang tunggu yang memang telah disiapkan oleh pihak PT. ASDP cabang Bakauheni.

Masih adanya stigma negative tentang rawannya terminal Rajabasa bagi pemudik lebaran tentu menjadi pekerjaan rumah pagi pemerintah daerah dan juga jajaran Polda Lampung.

Pemerintah daerah dan juga Polda Lampung perlu memberikan sosialisasi dan benar-benar memberikan jaminan keamanan di terminal Rajabasa untuk mudik lebaran mendatang. Sehingga para pemudik lebih percaya untuk bisa melanjutkan perjalanan meski tiba dari pulau Jawa pada malam hari.(Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved