Mudik Lebaran

Pemudik Kendaraan Pribadi Tahun 2019 Naik 5 Persen Dibanding Tahun Lalu

Jumlah pemudik pada tahun 2019 ini mengalami peningkatan sebesar 5 persen jika dibandingkan tahun 2018 lalu.

Pemudik Kendaraan Pribadi Tahun 2019 Naik 5 Persen Dibanding Tahun Lalu
Tribunlampung.co.id/Dedi
Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tiba di pelabuhan Bakauheni 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Selama H-7 hingga H-2 lebaran jumlah pemudik yang menyeberang dari pulau Jawa ke Sumatera melalui pelabuhan Merak, Banten sebanyak 664.387 unit.

Jumlah pemudik pada tahun 2019 ini mengalami peningkatan sebesar 5 persen jika dibandingkan tahun 2018 lalu. Pada mudik lebaran tahun lalu jumlah untuk periode yang sama dengan jumlah 630.284 orang.

Peningkatan tertinggi ada pada pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi pada mudik lebarn 2019 ini meningkat 80.401 unit.

Jumlah ini meningkat 5 persen jika disbanding tahun 2018 lalu. Tahun lalu jumlah kendaraan pribadi yang menyeberang dari pulau Jawa hingga H-2 sebanyak 76.314 unit.

Capten Nestorius Santule Rela Tak Berlebaran Bersama Keluarga Demi Antarkan Pemudik

Untuk pemudik sepeda motor pada tahun ini naik 2 persen. Jumlah sepeda motor yang telah menyeberang dari pulau Jawa sebanyak 73.108 unit. Sedangkan pada tahun 2018 lalu jumlah sepeda motor sebanyak 71.574 unit.

Sedangkan untuk pemudik penumpang pejalan kaki justru mengalami penurunan 7,8 persen. Sampai dengan H-2 kemarin jumlah pemudik penumpang pejalan kaki yang menyeberang dari pulau Jawa sebanyak 109.399 orang. Sementara pada tahun lalu jumlah pemudik penumpang pejalan kaki untuk periode yang sama menapai 118.645 orang.

Intip Tradisi Unik di Berbagai Belahan Dunia Jelang Lebaran, Ada Lomba Memecahkan Telur Rebus

“Memang untuk penumpang pejalan kaki ini terlihat menurun pada tahun ini. Tidak seramai tahun lalu dan juga terurai dengan adanya dermaga eksekutif,” terang Humas PT. ASDP cabang Bakauheni Saifulahil Maslul Harahap, selasa (4/6).

Sementara pada H-1 hari ini, arus pemudik asal pulau Jawa yang tiba di pelabuhan Bakauheni terpantau landai. Arus mudik masih didominasi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi.

Sedangkan untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor relative sudah menurun. Begitu juga dengan pemudik penumpang pejalan kaki terpantau landai.

Sementara untuk arus pemudik yang hendak ke pulau Jawa pun terpantau landai. Tidak terlihat adanya antrian pemudik di loket penumpang pejalan kaki. Begitu juga di tollgate pembelian tiket kendaraan, terpantau landai.(tribunlampung.co.id/dedi sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved