Lebaran 2019

Polres Tanggamus Imbau Masyarakat Gelar Takbiran di Masjid atau Musala

Polres Tanggamus mengimbau masyarakat agar melakukan takbiran cukup di masjid atau musala pada malam Idul Fitri 1440 H.

Polres Tanggamus Imbau Masyarakat Gelar Takbiran di Masjid atau Musala
net
Ilustrasi takbir keliling

 TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TANGGAMUS - Polres Tanggamus mengimbau masyarakat agar melakukan takbiran cukup di masjid atau musala pada malam Idul Fitri 1440 H.

Menurut Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, pengumandangan takbir di musala dan masjid akan terasa lebih khusyuk, dibanding tempat lain seperti jalan raya.

"Kami mengimbau saja, sebaiknya takbiran dilakukan di masjid dan musala, karena itu adalah kegiatan agama dan bagusnya memang di tempat ibadah," ujar Hesmu.

Ia menambahkan, manfaat takbiran di musala dan masjid juga lebih besar dibanding takbiran di jalan raya. Sebab itu menghidupkan tempat ibadah saat hari besar agama. Dan takbir itu wajib dikumandangkan sebagai tanda akhir Ramadan.

Sedangkan jika takbiran di jalan raya dengan takbir keliling ada pertimbangan keselamatan, kelancaran dan ketertiban di jalan raya.

Ketua PWNU Lampung Moh Mukri Jadikan Lebaran Sebagai Momen Kembali Pada Fitrah

Terlebih pada malam Idul Fitri lalulintas akan lebih padat karena masih ada masyarakat yang melintas untuk mudik. Ada juga yang masih memenuhi untuk kebutuhan Idul Fitri dan kegiatan lainnya.

Dengan kondisi tersebut agar lalu lintas di jalan raya lancar sebaiknya fungsikan jalan hanya untuk keperluan lalu lintas. Jangan diisi lagi untuk kegiatan takbir keliling demi kebaikan semuanya.

"Sifatnya kami hanya sebatas imbauan dan itu yang terbaik untuk semuanya, baik pengguna jalan, masyarakat yang takbiran dan masyarakat lebih luas lainnya," terang Hesmu.

Ia menambahkan, hal yang mengkhawatirkan apabila ada takbir keliling adalah adanya kemacetan jalan raya, khususnya pada jalan lintas barat (jalinbar). Lalu kecelakaan lalulintas dan juga kerawanan tindak kriminalitas.

Disparbudpora Tanggamus Minta Penerapan Sapta Pesona dan Wisata Ratu Saat Libur Idul Fitri 1440 H

"Kami tidak menginginkan sebuah kegiatan yang tujuannya baik namun ada dampak buruk yang ditimbulkan. Sebab itu merugikan semuanya. Jangan sampai saat Idul Fitri yang semestinya untuk dirayakan secara baik justru ada masalah," terang Hesmu.

Ia mengaku, untuk jalan raya seluruh personel kepolisian yang bertugas di pos pengamanan akan turun menjaga keamanan, kelancaran dan ketertiban jalan raya. Harapannya jalan raya tetap lancar pada saat malam dan sampai habis masa Idul Fitri.

Untuk itu Polres Tanggamus minta perhatian semua pihak supaya membantu ciptakan hal itu. Selama ini lalulintas sudah lancar dan itu harus dipertahankan. Maka sebaiknya adakan takbiran pada tempat ibadah.

(Tribunlampung.co.id/Tri yulianto)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved