Kasus Suap Mesuji

Sidang Eksepsi Kasus Suap Mesuji, Penasehat Hukum Taufik Hidayat Sebut Dakwaan JPU Tidak Cermat!

Sidang eksepsi Taufik Hidayat, adik kandung Bupati nonaktif Khamami digelar di Pengadilan Negri Tipikor Tanjung karang, Senin (10/6/2019).

Sidang Eksepsi Kasus Suap Mesuji, Penasehat Hukum Taufik Hidayat Sebut Dakwaan JPU Tidak Cermat!
TribunLampung/Deni Saputra
Terdakwa Kasus suap Taufik Hidayat menjalani sidang eksepsi di ruangan Bagir Manan Pengadilan Negeri Tipikor Tanjung Karang Kelas IA, Senin (10/6/2019). 

Laporan Reporter Tribun Lampung Kiki Adipratama

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDARLAMPUNG - Sidang eksepsi Taufik Hidayat, adik kandung Bupati nonaktif Khamami sekaligus terdakwa kasus Suap infrastruktur Mesuji Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) 2018 digelar di Pengadilan Negri Tipikor Tanjung karang, Senin (10/6/2019).

Tim Penasehat Hukum (PH) Taufik dalam persidangan menyampaikan keberatan atas tutuntan kepada kliennya oleh penuntut umum (PU).

Yahya Tulus, Penasehat Hukum terdakwa merasa surat dakwaan yang disusun oleh JPU tidak cermat dan tidak lengkap serta tidak memenuhi unsur-unsur pidana berdasarkan pasal 143 ayat 2 KUHAP.

Menurutnya, tidak ada satupun keterkaitan dan keterlibatan terdakwa Taufik dalam proyek Sumber Daya Air Dinas PUPR Kabupaten Mesuji 2018, terutama terkait jumlah komitmen fee yang dikumpulkan Tasuri sejumlah Rp 850 juta.

“Dalam surat dakwaan penuntut umum juga tidak menyebutkan nama Taufik dalam uraian peristiwa," ucap Yahya.

Subari, selaku Penuntut Umum mengatakan, pihaknya sudah mengetahui fakta bahwa ada pertemuan di warung di daerah Mesuji dan uang yang dalam kardus itu semua diakui sendiri oleh Taufik.

Menurur Subari, dakwaan yang ditujukan bukan hanya untuk Taufik semata, ada Wawan dan Khamami.

“Jadi pasal 55 KUHAP turut serta tidak harus memenuhi semua unsur dan fakta yang ada didakwaan, cukup salah satu sudah terbukti,” tutur Subari.

Alasan Jaksa KPK Pisah Berkas Dakwaan Khamami-Taufik Hidayat dan Wawan Suhendra

Penilaian Subari secara formil pasal 143 ayat 2 KUHAP yang terkait dengan unsur-unsur dakwaan merupakan pokok perkara sementara eksepsi belum masuk ke pokok perkara.

Halaman
12
Penulis: kiki adipratama
Editor: Teguh Prasetyo
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved