Tribun Lampung Selatan

Hingga H+5 Lebaran, Tercatat 160 Ribu Unit Kendaraan Lewati Pintu Tol Bakauheni Selatan

Sejak H-7 hingga H+5 pelayanan mudik lebaran tahun ini, jumlah kendaraan yang melintas melalui JTTS pintu tol Bakauheni selatan mencapai 160 ribu unit

Hingga H+5 Lebaran, Tercatat 160 Ribu Unit Kendaraan Lewati Pintu Tol Bakauheni Selatan
Tribunlampung.co.id/Dedi
Arus balik yang melalui pintu tol Bakauheni selatan 

Laporan Wartawan Tribunlampung Dedi sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Sejak H-7 hingga H+5 pelayanan mudik lebaran tahun ini, jumlah kendaraan yang melintas melalui  jalan tol trans Sumatera (JTTS) pintu tol Bakauheni selatan mencapai 160 ribu unit.

Kacab PT Hutama Karya Tol ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Hanung Hanindito mengatakan jumlah tersebut menjadi yang terbanyak dari pintu tol lainnya disepanjang ruas tol Bakauheni – Terbanggi Besar.

Menurutnya pintu tol Bakauheni Selatan tidak hanya menjadi pintu masuk utama. Tetapi juga menjadi pintu keluar utama yang terhubung langsung dengan pelabuhan penyeberangan Bakauheni.

“Sampai dengan H+5 kemarin, jumlah yang melalui pintu tol Bakauheni Selatan, baik yang masuk maupun yang keluar mencapai 160 ribu unit kendaraan,” kata dia kepada tribun, rabu (12/6).

Menurut Hanung, jumlah ini masih akan terus bertambah. Karena hingga hari ini arus balik pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi masih mengalir. Meski memang tidak seramai pada akhir pekan kemarin.

H+6 Lebaran Pemudik Masih Ramai di Pelabuhan Bakauheni

“Sampai hari ini arus balik pemudik yang menggunakan kendaraan mobil masih mengalir. Kemungkinan sampai dengan akhir pekan nanti masih akan ramai. Meski memang tidak seramai akhir pekan kemarin,” ujarnya.

Sementara itu dari pantauan tribun, arus balik pemudik yang menggunakan kendaraan mobil pribadi ini sudah jauh menurun, jika dibandingkan pada akhir pekan lalu yang sempat membuat terjadinya kemacetan panjang di pintu masuk pelabuhan bakauheni.

Dari data angkutan penyeberangan PT. ASDP cabang Bakauheni, jumlah kendaraan pribadi yang telah kembali ke pulau Jawa sebanyak 83.802 unit. Masih tersisa sebanyak 16.668 unit jika dibandingkan dengan arus mudik saat sebelum lebaran dari pulau Jawa yang mencapai 100. 470 unit.

Aksi Curanmor di Tribun Lampung Terekam CCTV, Pelaku Gasak Motor Reporter Kurang dari 1 Menit

Untuk puncak arus balik pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi ini terjadi minggu (9/6) akhir pekan kemarin. Dimana ada sebanyak 19.077 kendaraan pribadi pemudik penyeberang ke pulau Jawa.

Jika dibandingkan dengan mudik lebaran tahun 2018 lalu, jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi pada tahun ini sejak H-7 hingga dengan H+4 di pelabuhan Bakauheni mengalami peningkatan 20 persen.

Dimana tahun lalu sejak H-7 hingga H+4 jumlah kendaraan pribadi yang menyeberang melalui pelabuhan Bakauheni hanya sebanyak 103.264 unit. Sementara pada mudik lebaran tahun ini yang telah menyeberang sebanyak 123.974 unit.

(Tribunlampung.co.id/dedi sutomo)

Penulis: Dedi Sutomo
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved