Tribun Tanggamus

Pemohon Membludak, Polres Tanggamus Buka Layanan SKCK Keliling

Dinas Tenaga Kerja Tanggamus dua hari terakhir ramai dikunjungi pemohon pembuat kartu pencari kerja.

Pemohon Membludak, Polres Tanggamus Buka Layanan SKCK Keliling
TRIBUN LAMPUNG/TRI YULIANTO
Satuan Intelkam Polres Tanggamus menggelar pelayanan pembuatan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) keliling di Polsek Pugung, Selasa (2/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Tri Yulianto

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTA AGUNG - Dinas Tenaga Kerja Tanggamus dua hari terakhir ramai dikunjungi pemohon pembuat kartu pencari kerja.

Kasi Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Purwanto, mewakili Kadisnaker Tanggamus Mukifli Novem menjelaskan, ada 200 pemohon membuat kartu pencari kerja (AK1) atau yang dulu disebut kartu kuning.

"Pemohon ingin mencari kerja ke luar kota ada juga yang di Lampung tetapi banyak untuk mencari pekerjaan di luar Lampung. Kita prediksi seminggu setelah lebaran masih ramai pemohon," ujarnya.

Menurutnya, tren pasca Idul Fitri saban tahun masyarakat membuat kartu pencari kerja meningkat.

Itu imbas dari perantau yang mudik lalu mengajak atau ada saudaranya ingin ikut bekerja merantau.

Pembuat e-KTP Membludak, Disdukcapil Tanggamus Layani 100 Lebih Pembuatan KTP dalam 3 Hari

"Sebagian besar pemohon datang dari Kecamatan Talang Padang, Kota Agung, Gisting, yang padat penduduk. Sisanya dari kecamatan lain," ujar Purwanto.

Selain Disnaker Tanggamus, Polres Tanggamus juga dibanjiri para pembuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) untuk keperluan mencari kerja di sekitar Jakarta dan kota-kota di Pulau Jawa lainnya.

Kasat Intelkam Polres Tanggamus AKP Samsuri menjelaskan, pihaknya sudah menerbitkan lebih dari 317 SKCK. Itu termasuk perpanjangan SKCK sebanyak 150 pemohon.

“Ramainya pembuatan SKCK kami menambah petugas untuk melayani. Sat Intelkam merencanakan pembukaan SKCK keliling. Agar memudahkan masyarakat dan juga agar tidak semuanya mendatangi Polres Tanggamus.

Petani Kopi di Tanggamus Ditemukan Tewas di Kebun Kopi, Jasadnya Tertimpa Motor dan 2 Karung Kopi

Di Disdukcapil Tanggamus tiga hari ini pembuatan KTP mencapai seratus orang lebih. 

Kadisdukcapil Tanggamus Syarif Husin menerangkan, pembuatan meningkat karena minat masyarakat yang ingin bekerja keluar daerah.

“Khususnya anak muda yang selama ini juga belum miliki KTP untuk bekerja ke luar daerah. Akhirnya pembuatan KTP meningkat dan manfaatnya menaikan target pembuatan KTP," kata Syarif.

Ia menyampaikan, meningkatnya pembuatan KTP berdampak pada stok blangko. Untuk saat ini stok yang tersedia sekitar 150 keping lagi dan bisa habis dalam waktu satu hari. (*)

Penulis: Tri Yulianto
Editor: martin tobing
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved