Video Tribun Lampung

VIDEO Pembuatan SKCK di Polres Lampung Selatan Naik 150 Persen Pasca Lebaran

Jumlah pembuat SKCK (surat keterangan catatan kepolisian ) di kantor sementara Mapolres Lampung Selatan di kompleks Wisma Atlit Kalianda membludak

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA – Jumlah pembuat SKCK (surat keterangan catatan kepolisian ) di kantor sementara Mapolres Lampung Selatan di kompleks Wisma Atlit Kalianda membludak pada hari kedua masuk kerja, Selasa (11/6/2019) .

Sejak pagi para pemohon pembuat SKCK telah memadati loket pembuatan SKCK pada unit intelkam Polres Lampung Selatan yang berada di bagian belakang  GOR Way Handak.

Para pemohon SKCK ini didominasi oleh warga yang hendak menyeberang ke pulau Jawa guna mencari kerja.

Seperti diungkapkan oleh Dani, seorang pemohon SKCK. Warga asal Sidomulyo ini mengaku hendak mencari kerja ke Bekasi bersama temannya yang telah bekerja disebuah perusahaan elektronik.

“Ini saya mau ikut teman ke Bekasi. Rencananya mau nyari kerja disana,” terang remaja yang baru lulus SMK pada tahun 2018 lalu.

Hal yang sama diungkapkan Wati, pemohon SKCK lainnya. Ia mengaku hendak ikut dengan kerabatnya ke Jakarta. Sama seperti Dani, warga asal Katibung ini juga hendak mencari kerja di Jakarta.

“Ini saudara bilang ada lowongan pekerjaan ditempat dirinya bekerja. Karenanya saya mau ikut ke Jakarta,” kata wanita umur 20 tahun ini.

Ia mengaku selama 2 tahun menyelesaikan pendidikannya di SMA, ia hanya menghabiskan waktu di rumah. Dirinya mengaku sempat bekerja di Bandar Lampung. Dan pasca lebaran ini ia ingin mencari pengalaman bekerja di Jakarta.

Sementara itu Kasat Intelkam Polres Lampung Selatan Iptu Andi Yunara mengatakan memang ada peningkatan untuk pemohon pembuatan SKCK pasca lebaran. Peningkatannya mencapai 150 persen.

“Memang ada peningkatan. Sekarang mencapai 250 orang. Naik 150 persen dari kondisi normal,” ujarnya.

Dirinya mengakui jika mayoritas pemohon SKCK ini merupakan pencari kerja yang hendak ke pulau Jawa. Dirinya memperkirakan pemohon pembuat SKCK ini masih akan ramai hingga akhir pekan ini.

“Memang rata-rata yang mengaju permohonan pembutan SKCK ini merupakan pencari kerja yang hendak ke pulau Jawa,” kata Iptu Andi Yunara.

Tidak hanya permohonan pembuatan SKCK yang mengalami peningkatan. Pemohon pembuat kartu kuning di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Lampung Selatan pun cukup ramai.

(Tribunlampung.co.id/Dedi Sutomo/Wahyu Iskandar)

Penulis: Wahyu Iskandar
Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved