Tribun Lampung Utara

Pasca Lebaran Volume Sampah di Lampura Naik Hingga 34,35 Persen

Pasca perayaan Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah tahun 2019 volume sampah di TPA Alamkari Kotabumi mengalami peningkatan hingga 34,35 persen .

Pasca Lebaran Volume Sampah di Lampura Naik Hingga 34,35 Persen
Tribun Lampung/Anung Bayuardi
Tumpukan sampah di TPA Alamkari, Kelurahan Kotabumi Udik, Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Pasca perayaan Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah tahun 2019 volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Alamkari Kotabumi mengalami peningkatan hingga 34,35 persen dibandingkan hari biasa.

Jumlah tersebut berdasarkan laporan dinas lingkungan hidup dari tanggal 3 hingga 9 Juni 2019.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Lampung Utara, Amran Yazid mengatakan yang pasti mengalami peningkatan yang sangat signifikan jumlah volume sampah.

“Kami laporan setiap minggu, laporan terakhir jumlah sampah yang masuk ke TPA Alamkari, alami peningkatan 34,35 persen,” ujarnya.

Ini berarti, jumlah sampah mencapai 80 hingga 8,5 ton. Sedangkan perharinya mencapai 6 ton. Sampah yang diangkut tersebut, diambil dari sepanjang jalan lintas tengah Sumatera Lampung Utara, dimulai dari pasar Propau, Abung Selatan hingga pasar Bukitkemuning. 

Dihari lebaran, petugas mengangkut sampah di tiga lokasi yang dijadikan tempat solat Idul Fitri, di halaman Pemda Lampung utara, halaman stadion sukung, serta Islamik Center.

Disaat lebaran kemarin, pihaknya juga menyiagakan beberapa petugas selama libur serta kendaraan angkutan sampah. Jumlah pekerja kebersihan di Lampung Utara sebanyak 235 orang. Rinciannya, sopir 16 orang, kernet 47 orang, tenaga penyapu jalan 160 orang, pengawas kebersihan 11 orang, serta seorang yang bekerja untuk memperbaiki kontainer sampah sebanyak 1 orang. 

“Ada juga petugas yang piket saat libur kemarin,” ujar Dia.

Waktu bekerja mereka juga selama dua jam sehari. Dimana, dibagi dalam beberapa tempat yang akan dibersihkan.

 Untuk wilayah Kotabumi, seperti jalan Jendral Sudirman dan Jalan Alamsyah Ratu Perwiranegara dibersihkan pada pagi hari pukul 06.00 - 08.00 WIbb. Pasar Pagi dan Pasar Sentral Kotabumi dibersihkan pada sore pukul 15.00 - 17.00 WIB.

Pekerja lainnya juga bertugas membersihkan di sebagian wilayah kelurahan kampung baru, kelurahan Kotabumi Ilir, Kelurahan Sribasuki, kecamatan Kotabumi pada waktu pagi dan siang hari. 

Sedangkan, untuk jumlah sampah yang diangkut ke tempat pembuangan akhir, rata-rata jumlahnya mencapai 5 hingga 6 ton sehari. "Limbah dari rumah tangga merupakan terbanyak sekali angkut ke TPA," ujarnya.

Dirinya juga berharap kepada warga agar membuang sampah, tidak pada waktu petugas selesai mengangkut ke TPA. Jika bisa pembuangan sampah dilakukan mulai pukul 21.00 hingga pukul 06.00 WIB.

(Tribunlampung.co.id/Anung Bayuardi)

Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved