Viral China Airlines Layani Penerbangan Rute Domestik di Indonesia, Begini Penjelasan Kemenhub

Sedang viral, kabar Maskapai China Airlines melayani rute penerbangan domestik di Indonesia.

Viral China Airlines Layani Penerbangan Rute Domestik di Indonesia, Begini Penjelasan Kemenhub
net
Pesawat China Airlines 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Sedang viral, kabar Maskapai China Airlines melayani rute penerbangan domestik di Indonesia.

Kabar China Airlines beroperasi di Indonesia ini beredar luas di media sosial dan grup WhatsApp.

Dalam sebuah tangkapan layar yang beredar di WhatsApp dan Facebook, maskapai asal Taiwan itu memiliki penerbangan bernomor CI 9798 untuk rute Jakarta-Makassar.

 

Kabar itu dibantah Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan.

Dia menjelaskan penerbangan tersebut merupakan penerbangan codeshare antara China Airlines dengan maskapai nasional Garuda Indonesia.

Beredar di sosial media yang menunjukkan maskapai China Airlines melayani rute penerbangan domestik di tanah air.
Beredar di sosial media yang menunjukkan maskapai China Airlines melayani rute penerbangan domestik di tanah air. (Tribunnews.com/ Ria Anatasia)

Penerbangan codeshare adalah penerbangan gabungan antara dua maskapai di mana satu maskapai dapat berbagi untuk menjual dan mengeluarkan tiket untuk jaringan tertentu, kemudian maskapai lainnya bisa melakukan pengangkutan penumpang.

Otoritas Bandara Soekarno-Hatta Pastikan Pesawat China Airlines Hanya Keluarkan Asap

 

"Itu penerbangan codeshare. Yang mengoperasikan Garuda dan China Airlines hanya marketing artinya yang menjualkan tiket kalau ada turis yang dari China mau terbang ke UPG (Bandara Sultan Hasanuddi sementara tidak ada pswt China yang terbang direct dari china ke UPG," katanya saat dihubungi Tribunnews.com, Kamis (13/6/2019).

"Jadi Garuda dan China Airlines punya MOU untuk kerja sama. Demikian pula sebaliknya kode penerbangan garuda juga dipasang di China bila perjanjiannya demikian," imbuhnya.

Ketika Tribunnews.com mengecek detil penerbangan tersebut di laman resmi China Airlines, terdapat keterangan kecil bahwa penerbangan itu dioperasikan oleh Garuda Indonesia.

Informasi terkait penerbangan codeshare ini dibenarkan oleh VP Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan.

Menurutnya, rute yang sebetulnya adalah Taipei-Jakarta yang dioperasikan China Airlines, kemudian Jakarta-Makassar yang dioperasikan Garuda Indonesia.

"Dalam kasus itu, rute lengkapnya adalah Taipei-Makassar. Jadi, Taipei ke Jakarta dioperasikan China Airlines, sedangkan Jakarta-Makassar oleh kami," kata Ikhsan saat dikonfirmasi, Kamis (13/6/2019). (Tribunnews.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Viral China Airlines Layani Rute Penerbangan Domestik, Ini Penjelasan Kemenhub dan Garuda Indonesia" 

Editor: wakos reza gautama
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved