Tribun Lampung Utara

Dua Puskesmas di Lampura Akan Diakreditasi

Sebanyak dua puskesmas di kabupaten Lampung Utara akan di persiapkan akreditasinya tahun 2019.

Dua Puskesmas di Lampura Akan Diakreditasi
Tribunlampung.co.id/Anung
Kadiskes Lampung Utara dr Maya Metissa 

Laporan Reporter Tribun Lampung Anung Bayuardi

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Sebanyak dua puskesmas di kabupaten Lampung Utara akan di persiapkan akreditasinya tahun 2019. Kedua puskesmas itu yakni Puskesmas Kemalo Abung dan Puskesmas Karang Sari.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Lampung Utara, dr Maya Metissa mengatakan dua puskesmas rawat jalan yang dipersiapkan untuk di nilai tim akreditasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di 2019 yakni Puskesmas Kemalo Abung dan Puskesmas Karang Sari.

Tujuan dilakukan akreditasi tersebut, tambah Maya Guna mengoptimalkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

Kemudian untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya, serta penerapan manajemen risiko, dan bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi.

Ia menyebutkan, standar yang harus dipenuhi dalam akreditasi, yaitu standar struktur artinya peralatan, gedung, bagaimana tempat pemeriksaan kesehatannya, dan bagaimana limbahnya harus jelas.

Selain itu, standar proses, bagaimana puskesmas mempunyai standar operasional prosedur, dijalankan tidak.

Pemohon Membludak, Polres Lampura Layani Pembuatan SKCK Hingga Pukul 9 Malam

"Kedepan juga ada standar output atau outcome, apakah pasiennya puas tidak dengan layanan puskesmas yang bersangkutan. Gedung bagus, standarnya juga bagus tetapi kalau pasiennya tidak puas maka tidak mau lagi ke situ, ini termasuk tidak bagus," katanya.

Selain puskesmas tersebut di tahun yang sama, akan diakreditasi ulang enam puskesmas yang sebelumnya telah di akreditasi pada 2016 lalu.

Rinciannya Puskesmas Madukoro dengan status akreditasi utama dan lima puskesmas dengan status akreditasi madya, yakni Puskesmas Kotabumi 1, Kotabumi 2, Kali Balangan, Bukit Kemuning dan Negara Ratu.

Halaman
12
Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved