Tribun Tulangbawang Barat

Pertengahan Juni Disnakertrans Terbitkan 25 Kartu Pencari Kerja

Usai Lebaran, jumlah pencari kerja (pencaker) di Tulangbawang Barat (Tubaba) menunjukkan peningkatan.

Pertengahan Juni Disnakertrans Terbitkan 25 Kartu Pencari Kerja
Tribunlampung.co.id/Anung
ILUSTRASI - Sejumlah pencari kerja mulai mendatangi kantor dinas tenaga kerja (Disnakertrans) kabupaten Lampung Utara, Senin 10 Juni 2019. 

Pertengahan Juni Disnakertrans Terbitkan 25 Kartu Pencari Kerja

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PANARAGAN - Usai Lebaran, jumlah pencari kerja (pencaker) di Tulangbawang Barat (Tubaba) menunjukkan peningkatan.

Ini dilihat dari data jumlah pencaker yang mendatangi Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) setempat untuk membuat kartu tanda pencaker (Kartu Kuning).

Meski begitu, sejak awal masuk pertama pasca cuti bersama libur Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Disnakertrans Tubaba baru mencatat sekitar 20-an pencaker.

88 Persen Pencaker di Pringsewu Lulusan SMA

Namun, angka ini diprediksi akan terus bertambah mengingat usai Lebaran biasanya menjadi momen bagi masyarakat dalam mencari kerja, baik di di seputaran Provinsi Lampung ataupun keluar daerah seperti di Pulau Jawa misalnya.

Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja (Bina Penta) Disnakertrans Tubaba, Arum Lestari mengatakan, sejak Januari hingga Mei, penerbitan kartu kuning terbanyak ada di bulan Januari, mencapai 30-an kartu.

Sementara, mulai Februari sampai Mei lalu sangat sepi. Lonjakan permohonan pembuatan kartu kuning mulai nampak usai libur Lebaran.

Tergiur Pekerjaan Gaji Jutaan di Rumah Sakit, Pencari Kerja Tertipu Wanita Cantik di Facebook

"Mulai banyak lagi usai Lebaran,dan setiap tahun memang seperti itu, karena momennya juga pas kelulusan siswa SMA. Baru pertengahan bulan saja, sudah 25 lebih kartu yang kita terbitkan dan ini kemungkinan akan terus bertambah," ungkap Arum, Jumat (14/6).

Adapun syarat dalam pembuatan kartu kuning tersebut, dia menyebutkan sangat mudah sekali.

Pencaker cukup membawa fotocopy KTP, fotokopi ijazah terakhir dan transkrip nilai, serta pas foto ukuran 2x3 dan 3x4 masing-masing 1 lembar.

"Berkas persyaratan kemudian dimasukkan ke dalam map. Asal persyaratan lengkap, bisa langsung jadi hari itu juga," tandasnya.

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved