Tribun Tulangbawang

Registrasi NIK Gagal, Masyarakat Diimbau Datangi Disdukcapil

Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Tulangbawang mengimbau masyarakat bila nomor induk kependudukan (NIK) tidak bisa digunakan

Registrasi NIK Gagal, Masyarakat Diimbau Datangi Disdukcapil
ILUSTRASI perekaman e-KTP di PKOR Way Halim 

Registrasi NIK Gagal, Masyarakat Diimbau Datangi Disdukcapil

Laporan Reporter Tribun Lampung Endra Zulkarnain 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, TULANGBAWANG - Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Tulangbawang mengimbau masyarakat bila nomor induk kependudukan (NIK) tidak bisa digunakan saat registrasi pendaftaran beberapa pelayanan untuk segera datang ke Disdukcapil setempat.

Pendaftaran pelayanan yang dimaksud di antaranya, BPJS, pembuatan rekening perbankan, registrasi sim card atau lainnya.

Disdukcapil Pringsewu Buka Mobil Pelayanan Keliling

Kepala Disdukcapil Yusrizal menjelaskan, salah satu faktor yang menyebabkan NIK tidak bisa digunakan lebih dikarenakan perpindahan tempat tinggal.

Dia mencontohkan, seorang masyarakat yang sebelumnya tinggal di Pesawaran lalu pindah ke Tulangbawang dan membuat KTP baru, namun belum divalidasi ke Disdukcapil.

"Nah kenapa NIK tidak bisa diregistrasi karena salah satunya karena persoalan ini. Jika demikian masyarakat yang NIK-nya nggak bisa diregistrasi bisa datang ke kantor Disdukcapil," terang Yusrizal, Minggu (16/6).

Stok Blangko e-KTP Habis, Disdukcapil Lampura Setop Sementara Layanan Administrasi Kependudukan

Menurut dia, ada dua cara untuk memperbaiki NIK yang bermasalah. Pertama bisa perbaiki sendiri seperti yang sudah tertera di banner, dan yang kedua bisa langsung lapor ke Disdukcapil. "Nanti petugas kita yang memperbaiki yang akan langsung mengirim ke server pusat," jelas Yusrizal.

Dia pun mengimbau masyarakat Tulangbawang, sepanjang masyarakat bisa atau memahami IT untuk untuk melalukan registrasi sendiri dengan cara ketik rek#nik#nomorkk#namalengkap#permasalahan.
"Tapi kalau masih ragu dengan cara registrasi sendiri atau lambat direspons oleh server pusat bisa langsung ke Disdukcapil," paparnya.

Dia juga meminta masyarakat jangan pernah ragu untuk menyampaikan keluhan dan saran terhadap pelayanan di Disdukcapil Tulangbawang. (end)

Penulis: Endra Zulkarnain
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved