Telkomsel Siapkan Koneksi Jaringan 5G di Indonesia

Setelah Asian Games 2018 lalu, Telkomsel terus mengembangkan inovasi untuk mempersiapkan koneksi jaringan 5G di Indonesia.

Telkomsel Siapkan Koneksi Jaringan 5G di Indonesia
Istimewa
Direktur Network Telkomsel Iskriono Windiarjanto bicara soal persiapan koneksi jaringan 5G di Indonesia. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Telkomsel berkomitmen untuk terus melakukan transformasi digital dan berinvestasi dalam mengimplementasikan roadmap teknologi mobile broadband terdepan.

Khususnya untuk menghadirkan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan, termasuk teknologi 5G.

Setelah memperkenalkan teknologi 5G pertama di Indonesia dalam Asian Games 2018 lalu, Telkomsel terus mengembangkan inovasi untuk mempersiapkan koneksi jaringan 5G di Indonesia.

Direktur Network Telkomsel Iskriono Windiarjanto mengatakan, sebagai operator seluler terkemuka di Indonesia, Telkomsel memiliki tanggung jawab untuk mendukung pengembangan dan implementasi teknologi terkini di Tanah Air, yaitu teknologi 5G.

Telkomsel pun sudah mempersiapkan untuk adopsi generasi baru dari koneksi broadband ini.

Namun, untuk adopsinya di Indonesia masih banyak yang harus dipersiapkan.

"Di antaranya adalah kesiapan perangkat untuk membangun ekosistem 5G, termasuk alokasi spektrum yang saat ini sedang dikaji lebih lanjut oleh pemerintah. Untuk IoT (Internet of Things) dengan 5G di Indonesia juga masih banyak yang harus dipersiapkan," jelas dia dalam rilisnya, Minggu, 16 Juni 2019.

136 Pelanggan Telkomsel Ikut Mudik Bareng

Telkomsel Tambah Jaringan 4G di Sembilan Titik JTTS

Iskriono menambahkan, teknologi 5G membutuhkan alokasi spektrum yang cukup signifikan.

Pemerintah harus menyediakan sejumlah 80-100 MHz spektrum secara kontinu bagi setiap operator di band utama (seperti 3,5 GHz), dan sekitar 1 GHz bagi setiap operator di band millimeter wave (seperti spectrum di atas 24 GHz).

3GPP sebagai organisasi standardisasi industri telekomunikasi Internasional juga sedang mempersiapkan proposal terhadap standardisasi dari 5G NR (New Radio).

“Selanjutnya untuk tahapan komersialisasi 5G, tentunya Telkomsel menunggu izin dari pemerintah untuk membuka spektrumnya. Sedangkan kesiapan dalam hal kerja sama, kami belum menunjuk mitra jaringan untuk penggelaran 5G nasional,” lanjut Iskriono.

Untuk diketahui, Telkomsel merupakan operator pertama yang menghadirkan pengalaman 5G di Indonesia, melalui 5G Experience di kompleks Gelora Bung Karno, selama perhelatan Asian Games 2018.

Melalui aktivasi Telkomsel 5G Experience Center, masyarakat Indonesia dapat merasakan langsung implementasi teknologi revolusioner yang nantinya dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi secara nyata.

Berbagai perangkat yang diperkenalkan Telkomsel di antaranya adalah Live Streaming, Football 2020, Future Driving, Cycling Everywhere dan Autonomous Bus. (Tribunlampung.co.id/Ana Puspita Sari)

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Daniel Tri Hardanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved