Tribun Lampung Utara

Pencari Kerja Kini Bisa Daftar Online Buat Kartu Kuning, Ini Caranya

Para pencari kerja di kabupaten Lampung Utara bisa mendapatkan kartu tanda bukti pencari kerja secara online melalui website..

Pencari Kerja Kini Bisa Daftar Online Buat Kartu Kuning, Ini Caranya
Tribunlampung.co.id/Anung
Pemohon kartu kuning di Disnakertrans Lampura 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KOTABUMI - Para pencari kerja di kabupaten Lampung Utara bisa mendapatkan kartu tanda bukti pencari kerja secara online melalui http://Ayokitakerja.kemenaker.go.id.

"Sebenarnya sudah bisa dilakukan secara online, pembuatan kartu kuning," kata Kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten Lampung Utara, Khairul Anwar, Senin 17 Juni 2019.

Di dalam alamat website tersebut, pencari kerja diminta untuk daftar.‎ Kemudian Isi data. Ada lima kolom yang mesti diisi ketika mendaftar untuk membuat kartu kuning secara online, yakni daftar sebagai siapa, User ID, Email, Nomor telepon, dan kata sandi.

Setelah itu, akan diminta mengisi data, yakni mengenai akun, data diri, pekerjaan, keterampilan, dan pendidikan. "Ketika akun sudah jadi, pastikan sudah mengunggah foto," ujar Dia seraya menerangkan jika sudah save atau simpan.

Apabila sudah selesai, berarti data telah tersimpan di Disnaker. Selanjutnya, pencari kerja tinggal datang ke kantor Disnaker Lampung Utara untuk mengambil kartu kuning yang sudah jadi dan sudah dilegalisasi.

"Jangan lupa di fotokopi sebanyak yang di perlukan. Kemudian di legalisasi di kantor Disnaker," jelasnya.

Setelah lebaran, jumlah pembuat kartu kuning sebanyak 590 orang. Tujuan pembuat kartu kuning ini banyak untuk mencari pekerjaan keluar daerah, karena terdapat beberapa faktor.

Seperti, kurangnya lowongan kerja di Lampura atau terdapat sanak saudara yang sudah berhasil di luar daerah mengajak saudara lainnya yang terdapat di Lampura.‎

"Kebanyakan tujuan pencari kerja ke tangerang," katanya.

Untuk ketersediaan blangko kartu kuning, Disnakertrans Lampura akan siap melayani berapapun jumlahnya warga masyarakat membutuhkan kartu kuning.

Halaman
12
Penulis: anung bayuardi
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved