VIDEO DPRD Gelar Paripurna Istimewa HUT ke-73 Lampung Utara

Dalam rangka memperingati HUT ke-73 Lampung Utara, DPRD Lampung Utara menggelar rapat paripurna istimewa, Senin 17 Juni 2019.

TRIBUNLAMPUNG.CO.Id, KOTABUMI - Dalam rangka memperingati HUT ke -73 Lampung Utara, DPRD Lampung Utara menggelar rapat paripurna istimewa, Senin 17 Juni 2019.

Selaku pimpinan rapat, diketuai Rachmat Hartono dihadiri oleh Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara, Wakil Bupati Lampung Utara Budi Utomo, dan forum komunikasi pimpinan daerah.

Dari Pemerintah Provinsi Lampung hadir Hanibal selaku staf ahli bidang kemasyarakatan dan sumberdaya manusia, anggota DPRD Provinsi Lampung, dan tamu undangan.

Ketua DPRD Lampura Rachmat Hartono menerangkan usia ke-73 tahun, ada 16 bupati yang memimpin kabupaten Lampung Utara. Kabupaten Lampung Utara terbentuk dari beberapa tahap.

Pada awal masa kemerdekaan, berdasarkan UU RI Nomor 1 Tahun 1945, Lampung Utara merupakan wilayah administratif di bawah Karesidenan Lampung yang terbagi atas beberapa kawedanan, kecamatan dan marga.

Pemerintahan marga dihapuskan dengan Peraturan Residen 3 Desember 1952 Nomor 153/1952 dan dibentuklah “Negeri” yang menggantikan status marga dengan pemberian hak otonomi sepenuhnya berkedudukan di bawah kecamatan.

Dengan terjadinya pemekaran beberapa kecamatan, terjadilah suatu negeri di bawah beberapa kecamatan, sehingga dalam tugas pemerintahan sering terjadi benturan. Status pemerintahan negeri dan kawedanan juga dihapuskan dengan berlakunya UU RI Nomor 18 Tahun 1965.

Berdasarkan UU RI Nomor 4 (Darurat) Tahun 1965, juncto UU RI Nomor 28 Tahun 1959, tentang Pembentukan Daerah Otonom Kabupaten-Kabupaten dalam Lingkungan Sumatra Selatan, terbentuklah Kabupaten Lampung Utara di bawah Provinsi Sumatra Selatan.

Dengan terbentuknya Provinsi Lampung berdasarkan UU RI Nomor 14 Tahun 1964, maka Kabupaten Lampung Utara masuk sebagai bagian dari Provinsi Lampung.

Kabupaten Lampung Utara telah mengalami tiga kali pemekaran sehingga wilayah yang semula seluas 19.368,50 km² kini tinggal 2.765,63 km².

Halaman
123
Penulis: Wahyu Iskandar
Editor: taryono
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved