Tribun Pesawaran

109 Calhaj Pesawaran Ikuti Manasik Haji, Berangkat Dijadwalkan Bulan Depan

Sebanyak 109 Calon Jemaah Haji Calhaj Kabupaten Pesawaran mengikuti manasik haji, Rabu (19/6/2019) di Aula Islamic Center Arroyan.

109 Calhaj Pesawaran Ikuti Manasik Haji, Berangkat Dijadwalkan Bulan Depan
Tribunlampung.co.id/Didik
Sebanyak 109 Calon Jemaah Haji Calhaj Kabupaten Pesawaran mengikuti manasik haji, Rabu (19/6/2019) di Aula Islamic Center Arroyan Kecamatan Gedongtataan. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PESAWARAN - Sebanyak 109 Calon Jemaah Haji Calhaj Kabupaten Pesawaran mengikuti manasik haji, Rabu (19/6/2019) di Aula Islamic Center Arroyan Kecamatan Gedongtataan.

Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pesawaran Khuzil Afwa Kahuripan mengungkapkan dasar manasik haji adalah Surat Edaran Keputusan Direktur Jendral Penyelenggara Haji dan Umroh No 146 Tahun 2019.

Yakni tentang pedoman pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji oleh Kantor Kementrian Agama/Kota, dan Kantor Urusan Agama Kecamatan.

"Kegiatan manasik dilaksanakan selama dua hari, 19-20 Juni 2019," ungkapnya.

Dalam manasik tersebut, calhaj diberikan pemahaman terkait kebijakan pemerintah tentang penyelenggaraan haji, kebijakkan teknis kesehatan haji, kebijakan pemerintah Arab Saudi Taklimatul Hajj, dan kebijakan pemerintah tentang pengelolaan dana haji.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pesawaran Farid Wajedi mengungkapkan, Calhaj ini akan diberangkatkan pada Juli 2019 mendatang.

Diskes Ingatkan Calhaj Tidak Berlebihan Konsumsi Suplemen Saat di Tanah Suci

"Insya Allah berangkat pada Juli mendatang, mudah-mudahan kita semua diberi kesehatan sehingga bisa melaksanakan ibadah," ungkapnya.

Farid mengatakan, ibadah haji tentunya menjadi rukun islam yang ke lima. Ibadah haji merupakan kunjungan ke bait allah untuk mencapai Ridho Allah SWT.

Tentunya, lanjut dia, pelaksanaan ibadah haji bukan seperti umroh. Kalau umroh, menurut Farid, kapan saatnya bisa melaksanakan. "Tapi kalau haji itu arofah, yang membedakan haji dengan umroh adalah arofah," ungkapnya.

Menurut dia, Calhaj dikumpulkan di arofah untuk melaksanakan ibadah, yang dilaksanakan satu tahun satu kali di bulan dzulhijah.

Halaman
12
Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved